3 Macam Perbuatan syirik berikut Contohnya


Allah SWT melarang keras perbuatan syirik (mempersukutukan Allah). Perbuatan ini termasuk dosa besar, bahkan dikategorikan kedholiman besar. Perbuatan syirik terdiri atas tiga jenis. 3  Jenis perbuatan syirik adalah sebagai berikut :
  • I'tiqadi ( keyakinan)
Syirik ini paling sering terjadi dan sulit diketahui. Umpamanya ada seseorang punya keyakinan ada suatu aturan yang mutlak benar selain aturan Allah SWT, sehingga diwajibkan menaatinya seperti menaati aturan Allah, bahkan terkadang melebihi taat kepada-Nya.

Demikian juga bila berkeyakinan bahwa dokter atau suatu obat mampu menyembuhkan suatu penyakit, padahal tiada yang dapat menyembuhkan selain Allah, dan banyak lagi contoh yang lainnya.
  • Qauli ( perkataan )
Kalau seseorang mengatakan, " Untunglah aku mendapat pertolongan dokter, kalau tidak, pasti aku sudah mati." Seakan-akan dialah yang menentukan usianya, atau berkata, " Kalau aku tidak menaati pimpinan, dari mana aku hidup."

Ungkapan-ungkapan seperti ini termasuk syirik qauli yang harus dihindari. Sebab siapa yang menjamin kesehatan dan siapa yang berkuasa menentukan mati kalau bukan Allah pencipta alam dan pmilik kehidupan.
  • Fi'li (perbuatan)
Seperti mohon pertolongan kepada makhluk ghaib, baik jin, malaikat, atau manusia yang sudah meninggal dunia meskipun orang shaleh seperti Syaikh Abdul Qadir Jaelani, dengan ghaib. Iblis serta para pengikutnya sangat pandai menipu. Orang mati tidak akan mampu memberi pertolongan karena ia hidup di alam Al Jazaa ( menerima balasan ) bukan alam untuk beramal. Termasuk syirik fi'li yaitu berobat dengan cara yang tidak dapat difahami tetapi semata-mata berdasarkan keimanan kepada yang mengobatinya. Sebab pengobatan harus dilakukan berdasar keimanan kepada Allah SWT.

Kita bermohon kepada Allah, terhindar dari ketiga perbuatan syirik dimaksud.

Belum ada Komentar untuk "3 Macam Perbuatan syirik berikut Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel