Alhamdulillah, Blog Guru Dakwah Lepas dari Plagiat Konten versi Copyscape

GuruDakwah- Blog Guru Dakwah ini, baru 3 bulan berjalan sejak diluncurkan November 2018 lalu. Sejak awal memang blog ini mengusung tema besar : Pendidikan, Dakwah Islam, dan Seputar Blogging.Dan selain berusaha menampilkan posting yang bermanfaat di tiga kategori di atas, tentu sebatas kemampuan :) , juga yang tak kalah penting berupaya sekuat tenaga untuk tidak "terjerumus" ke lobang plagiarisme, atau penduplikatan konten, atau istilah gampangnya "copy-paste". Memang susah, tapi mesti diupayakan.

Baca juga : 4 Langkah Mudah Mengganti Template Blog Melalui HP Android

Agar tulisan yang saya posting tak melanggar kebijakan Google dalam hal konten, maka ada beberapa langkah yang saya ambil sebelum menulis dan mempublikasikan konten blog, antara lain :

1. Mengunjungi https://smallseotools.com/plagiarism-checker/











Baca Juga : 2 Aplikasi Android Untuk Blogging di Blogspot

2. Menyalin dan menempel ( copy-paste) tulisan kita di kotak yang tersedia. Kemudian klik tombol " Check Plagiarism". Untuk batas jumlah kata, aplikasi online ini memberi angka 1000 kata maksimal tiap pengecekan. Dan nanti akan terlihat per kalimat, mana yang plagiat atau duplikat, dan mana yang unik. Bila unik semua, langsung saja kita lanjut untuk mempublikasikan tulisan kita.

Jika memang kita sudah terlanjur mempublikasikan artikel di blog kita, sebagai langkah penjagaan dari plagiarism, kita bisa menggunakan cara kedua. Cara untuk mengecek keunikan konten/artikel blog kita bisa kita lakukan dengan mengunjungi layanan online.

Layanan dimaksud salah satunya Copyscape, yang beralamat di https://www.copyscape.com/.
Penampakkannya seperti ini :

Kita tinggal memasukkan alamat web/blog, dan nanti akan ada informasi mengenai artikel mana saja dari semua konten blog kita yang sedikit bermasalah, yaitu ada unsur kesamaan dengan konten blog orang lain. Dan untuk blog www.gurudakwah.web.id, hasilnya seperti ini :
Itu artinya, blog ini "bebas" dari duplikat konten atau plagiarism. 

Alhamdulillah, semoga tetap seperti ini dan Blog Guru Dakwah bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi sahabat semua, walau sederhana dan serba terbatas. 

Happy blogging

Belum ada Komentar untuk "Alhamdulillah, Blog Guru Dakwah Lepas dari Plagiat Konten versi Copyscape"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel