Anda Guru Hobi Ngeblog, Yuk Gabung ke Komunitas Guru Blogger Cianjur


Jika diidentikkan, profesi guru itu hampir sama dengan jurnalis (wartawan). Persamaan itu dalam hal intensitas aktivitas membaca dan menulis. Seorang guru, senyatanya adalah pembaca sekaligus penulis. Dua aktivitas yang melekat dengan ciri seorang guru. Jadi agak aneh, jika guru tak suka membaca, atau jarang meng-update keilmuannya melalui kegiatan membaca.

Dalam hal menulis, guru difasilitasi atau mungkin sedikit dipaksa oleh sistem, semisal kenaikan pangkat, yang salah satu syaratnya adalah membuat karya tulis penelitian ilmiah. Karya tulis berupa penelitian tindakan kelas (PTK), makalah, buku, ataupun jurnal ilmiah.

Media lain yang bisa meningkatkan kreativitas guru dalam menulis, adalah BLOG. Sebutan GURU BLOGGER dewasa ini menjadi istilah mashur yang disematkan kepada guru yang beraktivitas Ngeblog.

Dalam urusan dukungan, banyak saluran dan pihak yang men-support aktivitas guru untuk ngeblog. PGRI, sebagai wadah profesi guru, memasukkan guru blogger sebagai bagian organisasinya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sering mengadakan event dan perlombaan bagi guru blogger.

Jadi, wahai guru, ambillah bagian dari tren ini dengan menjadi guru blogger. Banyak keuntungan yang didapat, in syaa Allah. Jika diurai, ada beberapa keuntungan dari Ngeblog ini, antara lain :

1. Berbagi ilmu dan manfaat
Sharing ilmu dan hal manfaat melalui blog akan menjangkau area dan publik yang luas. Tak terbatas teritorial. Inilah niatan mendasar dari aktivitas Ngeblog.

2. Personal branding
Artinya memperlihatkan kepada publik pembaca, who am I, siapa aku. Melalui blog, secara disadari ataupun tidak, seorang guru sedang merancang eksistensi dirinya di dunia maya dan nyata. Dengan kata lain, Menjadi guru di dunia nyata sekaligus di dunia maya.

3. Penghasilan tambahan
Kalau yang ini, bisa menjadi motivasi utama, ataupun motivasi tambahan saja. Ada blogger yang sedari awal berniat mencari penghasilan dari blognya, selain berbagi ilmu dan kemanfaatan tentunya. Ada juga blogger yang tidak menjadikannya sebagai motivasi utama.

Masih banyak manfaat oftimal yang bisa diraih dari ngeblog, tentu jika dijalani dengan kesungguhan dan kontinyu.

Jika Anda mau ataupun sudah terjun ke dunia blogging, dan telah disematkan (walau oleh sendiri he..he..) predikat GURU BLOGGER, khusus daerah Cianjur, alangkah baiknya bergabung dalam Komunitas Guru Blogger Cianjur.

In syaa Allah, selain menjalin silaturahmi, menjalin persaudaraan, juga akan menambah wawasan dalam hal ngeblog.

Jika berminat, mangga kirim biodata dan alamat blog Anda melalui email ke denikurniaweb@gmail.com

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga mengandung kemanfaatan besar bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Anda Guru Hobi Ngeblog, Yuk Gabung ke Komunitas Guru Blogger Cianjur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel