Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hafizhahullah, Barakallah, Ghafarahullah, Jazakallah, Rahimahullah, Hadahullah, dan Waffaqahullah

Membiasakan mengucapkan kalimah-kalimah yang baik, mengandung doa, dan in sya Allah mendatangkan pahala, adalah langkah yang tepat untuk memulai hijrah dalam perkataan. 

Pada posting sederhana kali ini, saya akan mengulas sedikit tentang beberapa kata dalam Islam yang biasa diucapkan sehari-hari sesuai kondisi yang ada. Kata-kata tersebut adalah Hafizhahullah, Barakallah, Ghafarahullah, Jazakallah, Rahimahullah, Hadahullah, dan Waffaqahullah. Kapan kita disanjurkan mengucapkan kata-kata tersebut dan apa makna sebenarnya? Silakan dibaca selengkapnya di artikel berikut ini.

1. Hafizhahullah
Hafizhahullah artinya Semoga Allah menjaganya. Kata ini biasanya ditujukan untuk seorang muslim yang masih hidup dan jalan hidupnya lurus. Misalkan ditujukan untuk ulama atau ustadz yang masih hidup, atau ditujukan untuk orang tua kita yang masih hidup dan beliau muslim.


2. Barakallahu fikum
Barakallahu fikum artinya semoga Allah melimpahkan berkah kepada kalian. Kata ini diucapkan sebagai doa kepada sesama muslim, agar yang bersangkutan dilimpahi berkah oleh Allah. Untuk dhomir lainnya, adalah barakallahu fika, barakallahu fiki, barakallahu fihim dll.


3. Ghafarahullah
Ghafarahullah artinya semoga Allah mengampuninya. Biasanya ditujukan untuk seorang muslim yang telah meninggal dan semasa hidupnya dia melakukan dosa yang diketahui banyak orang. Kata ini berlaku baik yang bersangkutan sudah bertaubat sebelum meninggal ataupun tidak.


4. Jazakallahu khayran
Jazakallahu khayran artinya semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan. Kalimat ini diucapkan kepada sesama muslim yang berbuat baik kepada kita. Doa ini in Sya Allah lebih utama dibandingkan sekedar ucapan "terima kasih", karena dalam ucapan "terima kasih" tidak terkandung doa.


5. Rahimahullah
Rahimahullah artinya semoga Allah merahmatinya. Kalimat ini biasanya ditujukan untuk seorang muslim yang telah wafat dan semasa hidupnya yang bersangkutan dikenal memiliki jalan yang lurus. Penggunaan istilah ini lebih tepat dibandingkan dengan istilah "almarhum". Almarhum artinya yang dirahmati. Padahal belum tentu orang yang meninggal itu adalah orang yang lurus jalan hidupnya.


6. Hadahullah
Hadahullah artinya semoga Allah memberinya hidayah taufik. Kalimat ini ditujukan bagi orang yang masih hidup baik dia muslim ataupun bukan, namun berbuat kesalahan. Dengan kalimat ini diharapkan agar ia bertaubat serta kembali ke jalan yang lurus sebelum ia meninggal.


7. Waffaqahullah
Waffaqahullah artinya semoga Allah memberinya petunjuk. Kalimat ini biasa ditujukan bagi seorang muslim yang masih hidup dan diharapkan agar Allah memberinya petunjuk dalam menjalani aktivitas kehidupannya.


7 Kalimat atau istilah tersebut (Hafizhahullah, Barakallah, Ghafarahullah, Jazakallah, Rahimahullah, Hadahullah, dan Waffaqahullah), merupakan kalimat yang luar biasa. Selain indah dalam bahasa, juga mengandung doa yang mendatangkan kebaikan bagi pembacanya maupun orang yang didoakannya.

Semoga bermanfaat!
Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, dan Seorang Pembelajar