Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Get Well Soon ataukah La Ba'sa Thohuurun In Sya Allah untuk Mendoakan Orang Sakit?


Ada ucapan lumrah yang biasa diucapkan kepada orang yang sakit, "GWS" atau Get Well Son. Ucapan ini menjadi ucapan gaul anak-anak muda biasanya. Istilah dalam Bahasa Inggris ini berarti "Semoga lekas sembuh". Tapi dalam kenyataannya, tak hanya anak muda gaul yang sering menggunakannya, bahkan golongan usia non milenial pun ikut-ikutan.

Bagaimana dengan kaum muslim? Apakah harus ikut-ikutan juga mengucapkan "Get Well Soon" atau yang sejenisnya. Tentu tidak. 

Bagi Muslim, doa adalah ibadah. Bernilai pahala dan kebaikan. Bahkan doa inilah inti ibadah. Allah Ta'ala sangat senang jika hambanya berdoa kepada-Nya dengan penuh keikhlasan dan pengharapan. Sebagaimana dalam firman-Nya:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

Apa yang harus diucapkan untuk mendoakan orang sakit?

Ada banyak doa yang bisa kita ucapkan untuk mendoakan orang yang sakit, yang dicontohkan Nabi yang Mulia. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

Do’a Pertama:

لَا بَأْسَ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Laa Ba’sa Thohurun Insya Allah

Artinya : Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, insyaallah. (HR Bukhari)

Do’a Kedua

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيمَ رَبَّ العَرْشِ العَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As alullaahal ‘adziim robbal ‘arsyil ‘adziim an yasyfiyaka / yasyfiyaki (dibaca 7x)

Artinya : Aku meminta kepada Allah yang Maha Agung, Rabb pemilik ‘Arsy yang mulia agar menyembuhkanmu.

Do'a ketiga

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman”

"Ya Allah Rabb manusia, dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit." (HR. Bukhari)

Doa keempat

امْسَحْ الْبَاسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِكَ الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا أَنْتَ

Amsihil ba’sa rabbannaasi biyadikas syifaa’u laa kaasyifa lahu illa anta

"Hilangkanlah rasa sakit wahai Rabb manusia, di tangan-Mu lah segala kesembuhan, dan tidak ada yang dapat menyingkap penyakit tersebut melainkan Engkau." (HR. Buhari Muslim)

Doa-doa tersebut diajarkan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam, dan kita sebagai umatnya berkewajiban meneladani beliau termasuk dalam berdoa.

Maka, selayaknya kita tidak latah mengatakan "GWS" atau Get well soon untuk mendoakan orang yang sakit.

Jawaban "Laa Ba'sa Thohuurun"


Apa jawaban orang yang sakit ketika ada yang mendoakan dengan doa-doa di atas? Sebenarnya saya belum menemukan hadits atau dalil yang secara jelas menyebutkan jawaban atas doa'-doa tersebut. 

Karena ini doa, maka yang didoakan bisa mengucapkan "Syukron" (terima kasih). Atau bisa lebih lengkap lagi dengan mengatakan, "Syukron, jazakallah khoiron katsiro" (terima kasih, semoga Allah Ta'ala membalasmu dengan balasan yang lebih baik), tentu tak lupa mengaminkannya.

Demikian pembahasan ringkas mengenai get well soon, laa ba'sa thohuurun, dan doa lainnya untuk mendoakan orang yang sakit. Indah nian, ketika doa dibalas dengan doa. Ini hanya ada dalam Islam, tak ada dalam aturan lain.
Deni Abu Fadli
Deni Abu Fadli Banyak khilaf namun penuh harap, bisa sehidup dan sesyurga bersama