Hukum Bacaan Dalil-dalil Materi Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran


Hukum Bacaan Dalil-dalil Materi Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran. Ayat-ayat berikut ini berisi pesan-pesan mulia tentang perintah memakan makanan yang halal lagi baik. Bacalah dengan tartil ayat-ayat mulia berikut!
1. QS. Al-Māidah /5 : 90-91
Terjemah :
(90).Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatanperbuatan) itu agar kamu beruntung. (91). Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan śalat, maka tidakkah kamu mau berhenti?” (QS Al-Māidah/5 : 90-91)

2. QS. Al-Māidah /5 : 32
Terjemah :
Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya Rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.” (Q.S. Al-Māidah /5 : 32)

Memahami Hukum Bacaan Qalqalah


  1. Qalqalah

Qalqalah berarti memantul/membalik. Dengan demikian bacaan qalq
alah adalah bacaan lafaz dalam al-Qurān yang memantul/membalik.

Qalqalah dibagi dua, yaitu qalqalah sugra dan qalqalah kubra.

1) Qalqalah sugra (kecil)
Suatu lafaz dibaca qalqalah sughra apabila di dalamnya terdapat huruf qalqalah yang berharakat sukun. Adapun huruf qalqalah ada 5, yaitu :
Contoh qalqalah sughra :
2) Qalqalah Kubra (besar)
Suatu lafaz dibaca qalqalah kubra apabila di dalamnya terdapat huruf qalqalah yang berharakat hidup tetapi diwaqafkan (berhenti) sehingga huruf qalqalah tersebut dibaca sukun. Dibandingkan qalqalah sugra, cara membaca qalqalah kubra memantulnya lebih kuat atau mantap.

Contoh qalqalah kubra :
 2. Ikhfa` Syafawi
Suatu lafaz mengandung bacaan ikhfa’ syafawi apabila terdapat mim sukunbertemu dengan huruf ba

3. mengartikan perkata



Belum ada Komentar untuk "Hukum Bacaan Dalil-dalil Materi Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel