Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tahun Suka Duka Bersama Motor Honda Vario Techno Karbu


Tak terasa sudah 10 tahun motor Honda Vario Techno jenis karbu ini menemani aktivitas saya sehari-hari. Motor yang berkekuatan 110 cc ini telah dipakai untuk beragam aktivitas selama rentang waktu tersebut. Mulai dari ma'isah (kerja), da'wah, maupun rihlah (berwisata).

Kata orang, motor matic jenis karbu ini boros bahan bakar. Bisa iya, bisa juga tidak. Faktanya, jika perjalanan bolak-balik Cianjur-Bandung yang berjarak sekitar 60 kilometer, saya biasa mengisi bahan bakar seharga 20 ribu rupiah. Boros atau tidak, itu relatif.

Motor matic Honda Vario Techno ini merupakan motor pertama yang saya beli di salah satu dealer Honda di Cianjur.

Kembali ke awal tadi, bahwa motor ini selama 10 tahun ini setia menemani untuk menjalankan aktivitas dakwah, ma'isah, dan raihlah.

Motor untuk dakwah 
Ya, ketika mengikuti kajian keislaman, kegiatan dakwah, ataupun mengikuti pelatihan keislaman, saya lebih sering menggunakan motor ini. Selain memang hanya satu-satunya, juga lebih irit dibanding menggunakan mobil. Pasti.

Motor untuk ma'isah
Ma'isah atau terjemah bebasnya, bekerja. Motor ini sering saya gunakan untuk berangkat ke tempat kerja, kunjungan dinas, dan lain-lain.

Motor untuk rihlah
Nah ini tentu yang menarik juga, berwisata menggunakan motor. Waktu-waktu tertentu, kami memang suka melakukan perjalanan ke tempat rekreasi, bermotor berdua dengan keluarga.

Alhamdulillah, banyak cerita berkesan bersama motor Honda Vario Techno ini. Namun ada yang lebih penting dari itu, yakni sejauh mana rasa syukur atas segala nikmat itu.

Pentingnya bersyukur


Setiap perintah Allah SWT pasti mendatangkan kemaslahatan bagi hamba-Nya. Termasuk syukur, adalah salah satu perintah Allah SWT, sebagaimana dalam firman-Nya, dalam QS Ibrahim ayat 7 yang berbunyi :


وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ


Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Selain itu, ada beberapa manfaat bersyukur yang bisa kita rasakan, antara lain :

1. Memberikan perasaan nyaman.
2. Menciptakan emosi yang positif.
3. Dapat membentuk pola pikir sukses.
4. Menjadikan hati tenang.
5. Terhindar dari risiko terkena penyakit degeneratif.
6. Menjauhkan diri dari penyakit hati.
7. Hidup menjadi lebih berkah.
Alhamdulillah 'ala kulli hal, atas semua pemberian ini. Kita berharap, semoga kita termasuk orang-orang yang pandai mensyukuri nikmat dari Allah SWT. Aamiin.
Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, dan Seorang Pembelajar