Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Ide Ban Bekas Menjadi Pot Bunga Nan Indah

Apa yang terlintas dalam benak Anda dengan ban bekas? Mungkin jawabannya, ban bekas untuk dibakar. Atau kalau lebih kreatif lagi, untuk dibuatkan menjadi kursi atau ayunan. Tentu banyak hal kreatif yang bisa dibuat dari barang bekas ini. Salah satunya menjadi pot bunga yang indah, juga murah.

Memanfaatkan ban bekas menjadi pot bunga, tentu menguntungkan dan bernilai seni. Menguntungkan, karena kita tidak secara khusus membeli bahan baku, dalam hal ini ban. Ban bekas yang terkadang jika disimpan membuat ruang menjadi sedikit kumuh dan tak teratur, akan dapat termanfaatkan bila secara kreatif dijadikan sesuatu yang full manfaat.

OK, sekarang kita akan langsung menuju pembahasan, 10+ Ide Ban Bekas Menjadi Pot Bunga Nan Indah dan juga murah. 

Pada postingan sederhana ini, saya tampilkan 10 lebih ide kreatif ban bekas menjadi pot bunga yang keren, indah, dan bernilai seni tinggi. Bahan-bahannya tak banyak, hanya kita menyediakan ban bekas, dirapikan sesuai keinginan, cat dengan warna sesuai selera, alas (bisa berupa papan, lempengan kaleng, atau sejenisnya) untuk menahan tanah dan air.

Adapun cara membuatnya, saya rasa Anda bisa berimprovisasi dengan melihat gambar-gambar yang akan disajikan.

Ide-ide Kreatif Membuat Pot Bungan dari ban bekas


Pot bunga dengan dudukan kayu
Gambar pertama, pot bunga dari ban mobil yang diberi dudukan kayu. Dicat dengan warna sesuai selera, dan pot ini sangat cocok disimpan di dekat dinding, ataupun kolam yang ada di halaman.

Pot bunga yang bisa digantung
Model pot bunga dari ban bekas ini, bila digantung (di pohon, di gongsol rumah, atau yang lainnya), nyaris tak ada bahan tambahan lain lagi, selain tambang untuk menggantung. Bagus ditanami bunga yang merambat ke bawah.

Pot bunga aneka warna tanpa dudukan
Untuk tanaman yang berjenis perdu dan agak tinggi, pot bunganya memerlukan beberapa ban bekas yang ditumpuk. Ataupun jika hanya keperluan estetis saja, ingin potnya terlihat tinggi, walaupun bunganya pendek-pendek, potnya bisa juga dari beberapa ban yang ditumpuk.

Pot bunga landai di tanah
Pot bunga ini bisa dibuat dari beberapa ban bekas, ada yang dipotong menjadi dua bagian, ada juga yang utuh. Disusun sedemikian rupa, membentuk susunan indah nan menawan.

Pot bunga gantung

Untuk jenis ini, kita memerlukan batang besi untuk menggantung pot, agar posisi pot stabil, bukan dengan tambang. Selain itu, bagian bawah ban/pot, diberi tahanan, baik dari kayu, kaleng, alumunium, dan sejenisnya.
Pot bunga menempel di dinding
Jika kita punya ruang dinding luar yang lumayan besar, bisa dimanfaatkan untuk tempat menyimpan pot bunga dari ban bekas. Cara penyusunan ban, bisa dilihat digambar ataupun Anda membuat variasi sendiri yang estetis dan rapi.

Pot bunga bermotif
Pot bunga dari ban bekas yang dibentuk menyerupai cangkir raksasa ini, terdiri dari beberapa ban yang disambung sedemikian rupa. Penyambungan ini biasanya menggunakan kawat. Bisa ditambah gambar kreasi yang menambah nilai seni.

Gambar-gambar pot bunga di bawah ini juga dibuat dengan cara dan prinsip yang tak jauh berbeda dengan gambar sebelumnya. Penempatan dan bentuk bisa dibuat sesuai tingkat kreativitas kita. Yang jelas, memanfaatkan ban bekas adalah langkah yang bijak.











Demikian paparan singkat mengenai ide-ide kreatif membuat pot bunga dari ban bekas, yang bisa kita coba dan praktekan, untuk memberikan sentuhan-sentuhan seni di pekarangan rumah. Selain murah, tentu mudah juga.

Menarik kan? Selamat mencoba!
(Gambar-gambar dari Pinterest)