-->

5 Kesalahan Seorang Blogger terhadap Artikel dan Template Blog Orang Lain

Pinterest

Dunia blogging erat hubungannya dengan proses kreatif. Proses kreatif yang dimaksud minimal ada dua hal, yakni pembuatan artikel dan pembuatan template. 

Pembuatan artikel yang orisinil membutuhkan pemikiran yang serius, wawasan yang memadai, dan keterampilan memilih diksi. Tentu ini bukan perkara yang mudah, harus dipelajari, dilatihkan, dan kemampuan itu tidak datang dengan sendirinya. Itu adalah sebuah proses kreatif. 

Begitu pula dengan template blog yang kita gunakan, merupakan hasil upaya proses kreatif perancangnya. Dalam dunia blogging, kita mengenal dua jenis template blog, yaitu free (gratis) dan premium (berbayar). 

Template blog yang free, bebas diunduh dan digunakan oleh siapa saja, tak usah mengeluarkan uang untuk mendapatkannya. Sebagai imbalannya, biasanya si pembuat template menyimpan Link di bagian footer yang mengarah ke situs Web miliknya. Ini sangat wajar, mengingat template nya gratis. 

Sedangkan template blog premium, untuk bisa menggunakannya kita harus mengeluarkan sejumlah uang seharga template tersebut. Biasanya kita bayar hanya sekali, selanjutnya bisa mengunduh versi terbaru jika tersedia, gratis. Di template premium tak ada link apapun yang ditanam si perancang template. 

Dua hal di atas, membuat artikel dan membuat template adalah rangkaian proses kreatif yang sekali lagi memerlukan pemikiran mendalam. Maka tak pantas kiranya untuk hal tersebut kita mencederainya dan tidak menghargainya, bahkan berlaku curang yang pasti merugikan pihak lain. 

Fokus bahasan postingan kali ini 5 Kesalahan Seorang Blogger terhadap Artikel dan Template Blog Orang Lain. Ini berhubungan dengan kedua hal yaitu menulis artikel dan membuat template, tentang bagaimana cara kita menghargainya. 

Sebagai Blogger yang ingin sukses berbagi dan sukses mendapatkan penghasilan dari Blog, segala unsur pendukungnya harus diupayakan bersih dari praktek yang merugikan orang lain. Bukankah keberkahan yang kita inginkan? 

5 Kesalahan Fatal dalam Ngeblog yang Harus Dihindari

Sedikitnya ada 5 Kesalahan Fatal yang umumnya dilakukan para Blogger dalam aktivitas ngeblognya, yang sebenarnya harus dihindari. 

1) Menyadur artikel orang lain tanpa etika


Sekali lagi, membuat artikel orisinil yang bermanfaat, dibutuhkan banyak orang, dan memberikan informasi yang jelas, adalah sebuah proses yang memerlukan pemikiran mendalam. 

Sungguh tak beretika jika artikel yang kita buat dengan proses "melelahkan" itu, tiba-tiba disadur atau di-copas oleh orang lain dan diposting di blog/webnya. 

Minimal untuk menunjukkan etika dalam Ngeblog, menyertakan Link aktif yang mengarah ke artikel asli.


2) Tergesa-gesa mengadukan pencurian konten 


Kesalahan berikutnya dalam ngeblog adalah Tergesa-gesa mengadukan pencurian konten. Ini biasanya dilakukan oleh pihak yang merasa bahwa artikel yang ditulisnya "dicuri" pihak lain, seperti dalam pembahasan poin pertama tadi. Memang manusiawi ketika kita berlelah-lelah membuat artikel, eh dicuri/dicopas oleh pihak yang bertanggungjawab, pasti kesal dan marah. 

Namun walau demikian, kita juga tidak boleh Tergesa-gesa melapor ke Google. Pelaporan artikel yang diambil pihak lain biasanya melalui link 


Sebaiknya ditelusuri apakah ada dampak positifnya bagi kita atau tidak. Karena dalam banyak kasus, Link yang disertakan dalam artikel curian dan mengarah ke Blog kita, justru menjadi backlink berharga. 


3) "Menipu" pembaca


Misal dengan memberi judul yang bombastis, padahal tidak mencerminkan isinya. Saya lihat hal seperti ini dilakukan website-website mainstream. 

Judul yang bombastis merangsang pembaca untuk membaca konten artikel. Namun, banyak pembaca yang kecewa karena judul tidak sesuai dengan paparan isi. 

Padahal salah satu tupoksi dari blog/website adalah memberi informasi sejelas-jelasnya, akurat, benar, dan lengkap kepada khalayak pembaca. Ini hanya bisa dilakukan oleh pengelola yang jujur, tanpa tipu-tipu. 


4) Membagikan template premium orang lain secara gratis 


Jika No 1-3 tentang artikel, No 4 dan 5 tentang template. Kesalahan berikutnya dari Blogger yang kurang bertanggung jawab adalah Membagikan template premium orang lain secara gratis. 

Apakah ini merugikan? Jelas, sangat merugikan. Si pembuat template, dengan kesungguhan merancang template blog, untuk selanjutnya dijual, dan ia menggantungkan penghasilan dengan berjualan template. 

Namun ternyata di luaran sana, ada pihak yang ingin menguntungkan dirinya sendiri mengundang banyak visitor ke web/blognya dengan Membagikan template premium tadi, secara gratis, padahal harusnya berbayar. Di lain pihak, kelakuan ini merugikan pihak pembuat template. 

Saya perhatikan, template dari sugeng.id banyak yang "diperlakukan" seperti ini, misalnya template Evomagz, Viomagz, dan Linkmagz. 


5) Menghapus credit link pada template gratis 


Walaupun gratis, sebuah template dibuat dengan susah payah. Imbalannya, cuman CREDIT Link yang mengarah ke situs si pembuat template. Eh ada orang yang tidak bertanggungjawab, dia pakai template gratisan, dan diapun jahil, menghapus credit linknya. Sungguh ini perbuatan tidak terpuji, tidak menghargai karya orang lain. 

Jika kita ngeblog itu tujuannya untuk sesuatu yang mulia, selain berbagi, juga ingin mendapatkan penghasilan dari Google Adsense misalnya. Maka sudah selayaknya, dalam prosesnya kita menghindari perilaku-perilaku ngeblog yang tidak terpuji. 

Kita dituntut untuk lebih menjunjung etika di dunia maya, lebih menghargai sesama Blogger dan menjalankan aktivitas blogging secerdas mungkin. 

Jika ikhtiar ini kita lakukan, apapun hasil dari blogging insya Allah berkah. Bukankah itu yang kita inginkan? 

Happy Blogging


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel