Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Hadits tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW - Hadits Riwayat At-Tirmidzi

Bagaimana bentuk tubuh Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam? Apa ciri-ciri perawakan beliau? Kali ini saya akan mengangkat tema bentuk tubuh Rasulullah berdasarkan hadits At-Tirmidzi. Hadits-hadits tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW, disadur dari buku lawas,  Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah SAW, terbitan tahun 1993.


Hadits-hadits tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW - Hadits Riwayat At-Tirmidzi

Beberapa hadits tentang bentuk tubuh Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam, disajikan sebagai berikut :

Hadits #1 tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW

Dalam satu riwayat yang bersumber dari Anas bin Malik r.a. diceritakan sebagai berikut :

كان رسول اللہ ﷺ ليس بالطويل البائن ولا بالقصير ، ولا بالأبيض الأمهق ، ولا بالآدم ولا بالجعد القطط ولا بالشبـط بعثه الله تعالى على رأس أربعين سنة، فأقام بمكة عشر سنين وبالمدينة عشر سنين ، وتوفاه الله على رأس ستين سنة وليس في رأسه ولحيته عشرون شعرة بيضاء .

Terjemahnya:

Rasulullah saw. bukanlah orang yang berperawakan terlalu tinggi, namun tidak pula pendek. Kulitnya tidak putih bule juga tidak sawo matang. Rambutnya ikal, tidak terlalu keriting dan tidak pula lurus kaku. Beliau diangkat Allah (menjadi Rasul) dalam usia empat puluh tahun. Beliau tinggal di Mekah (sebagai Rasul) sepuluh tahun dan di Madinah sepuluh tahun. Beliau pulang ke Rahmatullah dalam usia enam puluh tahun . Pada kepala dan janggutnya tidak terdapat sampai duapuluh lembar rambut yang
telah berwarna putih. 

(Diriwayatkan oleh Abu Raja' Qutaibah bin Sa'id, dari Malik bin Anas, dari Rabi'ah bin Abi 'Abdurrahman, yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.).

Hadits #2 tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW

Anas bin Malik r.a. pernah bercerita perihal bentuk tubuh Rasulullah saw, sebagai berikut:

كان رسول اللہ ﷺ ربعـة ليس بالقويـل ولا بالقصير ، حسين الجسم ، وكان شعره ليس بجعد ولا سبط أسمر اللون ، إذا مشى يتكفا .

Rasulullah saw. mempunyai bentuk tubuh yang sedang, tidak tinggi dan tidak pula pendek, serta bentuk tubuhnya bagus.

Rambutnya tidak terlalu keriting dan tidak pula lurus kaku dan kehitam-hitaman warnanya (rambutnya). Bila beliau berjalan, maka jalannya cepat.

(Diriwayatkan oleh Hamid bin Mas'adah al-Bashri, yang didengarnya dari 'Abdul Wahab as-Tsaqafi, dari Hamid yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.).

Hadits #3 tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW

Dalam riwayat lain yang bersumber dari al-Bara bin 'Azib r.a. diceritakan:

كان رسول اللہ ﷺ رجلا مربوعا، بعيد مابين المنكبين، عظيم الجنة إلى شحمة أذنيه ، عليه حلة حمراء ما رأيت شيئا قط أحسن منه .

Rasulullah saw. adalah seorang pria yang berperawakan sedang, bahunya bidang. Rambutnya yang lebat mencapai daun telinganya. Bila beliau mengenakan pakaian merah, tiada seorang pun yang pernah kulihat lebih tampan daripadanya.

(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar al-'Abdi, dari Muhammad bin Ja'far, dari Syu'bah, dari Abi Ishaq, yang bersumber dari al-Bara bin 'Azib r.a.).

Hadits #4 tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW

Masih bersumber dari al-Bara bin 'Azib r.a., ia mengungkapkan :

مارأيت من ذي لة في حلة حمراء أحسن من رسول اللہ ﷺ ، له شعر يضرب منكبيه، بعيد مابين المنكبين، لم يكن بالقصير ولا بالطويل.

Aku tak pernah melihat orang yang berambut panjang terurus rapi, dengan mengenakan pakaian merah, yang lebih tampan dari Rasulullah saw. Rambutnya mencapai kedua bahunya. Kedua bahunya bidang. Beliau bukanlah seorang yang berperawakan pendelk dan tidak pula terlampau tinggi. 

( Diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan, dari Waki', dari Sufyan, dari Abi Ishaq, yang bersumber dari al-Bara bin 'Azib r.a.).

Hadits #5 tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW

Dalam suatu riwayat yang bersumber dari 'Ali bin Abi Thalib k.w. dikemukakan:

لم يكن النبي ﷺ بالطويل ولا بالقصير، ششن الكفين والقدمين ضخم الرأس ضخم الكراديس طويل المسربة إذا مشى تكفا تكفواً كأنها ينحط من صبب لم أر قبله ولا بعده مثله 


Nabi saw. tiadalah berperawakan tinggi, tidak pula pendek. Telapak tangan dan kakinya terasa tebal. Kepalanya besar, demikian pula tulang persendiannya. Bulu dadanya memanjang. Bila beliau berjalan, berjalannya gontai seakan-akan sedang turun ke tempatyang rendah. Tidak pernah aku melihat orang seumpama beliau, baik sebelum maupun sesudahnya..

(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Isma'il, dari Abu Nu'aim, dari al-Mas'udi, dari 'Utsman bin Muslim bin Hurmuz, dari Nafi' bin Jubair bin Muth im, yang bersumber dari 'Ali bin Abi Thalib k.w.).

Hadits #6 tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW

Juga dalam satu riwayat yang bersumber dari 'Ali bin Abi Thalib k.w. dikemukakan:

لم يكن رسول اللہ ﷺ بالطويل الممغط، ولا بالقصير المتردد ، وكان بعة من القوم، لم يكن بالجعد القطط ولا بالسبط ، كان جعدا رجلا ، ولم يكن بالمظهم ولا بالمكلثم ، وكان في وجهه تدوير، أبيض، مشيرت ، أدعج العينين ، أهدب الأشفار ، جليل المشاش والكند ، أجـرد دو مسربة ، ششن الكفين والقدمين إذا مشى تقلع كأنها ينحط في صبب ، وإذا التفت التفت معا ، بين كتفيه خاتم النبوة، وهو خاتم النبيين ، أجود الناس صدرا، وأصدق الناس هنجة ، وأليب عريكة ، وأكرمهم ( عشرة ، من راه بدينة هايه ، ومن خالطة معرفة أحته ، يقول ناعت

Rasulullah saw. tidak berperawakan terlalu tinggi dan tidak pula terlalu pendek. Beliau berperawakan sedang di antara kaumnya. Rambutnya tidak keriting bergulung dan tidak pula lurus kaku, melainkan ikal bergelombang. Badannya tidak gemuk, dagunya tidak lancip dan wajahnya agak bundar. Kalitaya putih kemerah-merahan. Matanya hitam pekat dan bulu matanya lentik. Bahunya bidang. Beliau memiliki bulu lebat yang memanjang dari dada sampai ke pusat. Telapak tangan dan kakinya terasa tebal. Bila beliau berjalan, berjalan dengan tegap seakan-akan beliau turun ke tempat yang rendah. Bila beliau berpaling, maka seluruh badannya ikut berpaling. Di antara kedua babunya terdapat Khatamun Nubuwah, yaitu tanda kenabian. 

Beliau memiliki hati yang paling pemurah di antara manusia. Ucapannya merupakan perkataan yang paling benar di antara semua orang. Perangainya amat lembut dan beliau paling ramah dalam pergaulan. Barangsiapa yang melihatnya, pastilah akan menaruh hormat padanya. Dan barangsiapa yang pernah berkumpul dengannya, kemudian kenal padanya, tentulah ia akan mencintainya. Orang yang menceritakan sifatnya, pastilah akan berkata: "Belum pernah aku melihat sebelum dan sesudahnya orang yang seistimer beliau saw."

(Diriwayatkan oleh Ahmad bin Ubadah ad-Dabi al-Bushiri, juga diriwayatkan oleh Ali bin Haj dan Abu Jaar Muhammad bin al-Husein, dari Isa bin Yunus, dari Umar bin Abdullah, dari Ibrahim bin Muhammad, dari salah seorang puters Ali bin Abi Thailh kw yang bersumber dari "Ali bin Abi Thalib kw...

Hadits #7 tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW

Dalam suatu riwayat, Jabir bin Samurah mengemukakan, 

كان رسول اللہ ﷺ صليع الفم ، أشكل العين ، منهوس الطب قال شعبة : قلت لساك : ماصليع العم ؟ قال : عظيم الله قلت : ما أشكل العين ؟ قال طويل شق العين، قلت العقب؟ قال: قليل لحم العقب ،

Rasulullah saw, mempunyai mulut yang lebar (serasi dengan wajahnya, mata yang lebar dan tumit yang tipis. Sya'bah berkata: "Aku bertanya kepada Simak perihal pengertian mulut yang lebar". la menjawab: Besar bentuk mulutnya (seimbang dengan raut mukanya)

Aku bertanya lagi: "Apa artinya bermata lebar?" la menjawab: "Belahan matanya panjang".Aku bertanya lagi: "Apa artinya bertumit tipis?" la menjawab: "Daging tumitnya sedikit".

(Diriwayatkan oleh Abu Must Muhammad bin al-Metsanna, juga diwayatkan oleh Muhammad bin Jalar, dari Sya'bah, dari Simak bin Harb, yang bersumber dari Jabir bin Samurah)

Hadits #8 tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW

Dalam sebuah riwayat yang masih bersumber dari Jabir bin Samurah diungkapkan :

وفجعلتُ رأيت رسول اللہ ﷺ في ليلة إضحيان ، وعليه حلة حمراء ، أنظر إليه وإلى القمر، فلهم عندي أحسن من القمر

 "Aku melihat Rasulullah saw. di suatu malam yang berbulan purnama. Waktu itu beliau memakai pakaian merah. Aku berganti-ganti memandang antara beliau dengan rembulan, ternyata beliau
lebih indah daripada rembulan"


(Diriwayatkan oleh Hanad bin as-Sirri, dari Abtsar bin al-Qasim, dari Asy'ats (Ibnu Suwar), dari Abi Ishaq, yang bersumber dari Jabir bin Samurah).

Hadits #9 tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW

Dalam suatu riwayat yang bersumber dari Abu Ishaq r.a. dikemukakan: Ada seorang laki-laki bertanya kepada al-Bara bin 'Azib r.a.:

 أكان وجه رسول اللہ ﷺ مثل الشيف ؟ قال لا ، بل مثل القمر

"Apakah wajah Rasulullah saw. itu lancip bagaikan pedang?" Al-Bara menjawab: "Tidak, wajah beliau bagaikan rembulan".

(Diriwayatkan oleh Sufyan bin Waki', dari Hamid bin Abdul Hamid ar-Ruasi, dari Zuhair, yang bersumber dari Abi Ishaq ra)

Hadits #10 tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW

Abu Hurairah r.a. pernah menceritakan perihal jasmaniah Rasulullah saw. sebagai berikut:

كان رسول اللہ ﷺ أبيض كأنها صيغ من فضة، رجـل الشعر

Rasulullah saw. berkulit putih, seakan-akan terbentuk dari perak dan rambutnya ikal bergelombang.

(Diriwayatkan oleh Abu Daud al-Mushahafi (Sulaiman bin Salam), dari Nadhr bin Syamil, dari Shalih bin Abil Akhdlar, dari Ibnu Syihab, dari Abi Salamah yang bersumber dari Abu Hurairah r.a.).

Hadits #11 tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW

Dalam suatu riwayat, Jabir bin 'Abdullah menceritakan bahwa Rasulullah saw. bersabda :

عرض على الأنبياء، فإذا موسى عليه السّلام ضرب من الرجال كأنه من رجال شنوءة ، ورأيت عيسى بن مريم عليه السّلام فإذا أقرب من رايت به شبها عروة بن مسعود ، ورأيت ابراهيم عليه السلام فإذا أقرب من رأيت به شبها صاحبكم يعني نفسه ، ورأيت جبريل عليه السّلام فإذا أقرب من رأيت به شبها دحية .


"Telah diperlihatkan kepadaku para Nabi. Adapun Nabi Musa a.s. bagaikan seorang laki-laki dari suku Syanu'ah. Kulihat pula Nabi Isa bin Maryam a.s. ternyata orang yang pernah kulihat dan mirip kepadanya adalah 'Urwah bin Mas'ud, kulihat pula Nabi Ibrahim a.s., ternyata orang yang mirip kepadanya adalah kawan kalian ini (yaitu Nabi saw. sendiri). Kulihat pula Jibril a.s. ternyata orang yang pernah kulihat dan mirip kepadanya adalah Dihyah.

(Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa'ad dari Laits bin Sa'id, dari Abi Zubair yang bersumber dari Jabir bin 'Abdullah r.a.). 

Hadits #12 tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW

Dalam suatu riwayat yang bersumber dari Sa'id al-Jurairi dikemukakan: "Aku mendengar Abu Thufail r.a. berkata:

رأيت النبي ﷺﷺ ومابقي على وجه الأرض أحد راه غيري . قلت صفه لي ، قال : كان أبيض ؛ مليحا مقصدا

'Aku telah melihat Rasulullah saw.... Sekarang, tak seorang pun yang pernah melihatnya masih hidup selain aku di permukaan bumi ini. Sa'id al-Jurairi bertanya: 'Coba jelaskan sifatnya kepadaku!' Ia menjawab:'(Warna kulitnya) putih, tampan dan berperawakan sedang '.

(Diriwayatkan oleh Sufyan bin Waki' dan diriwayatkan pula oleh Muhammad bin Basyar, dari Yazid bin Harun yang bersumber dari Sa'id al-Jurairi r.a.).

Hadits #13 tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW

Dalam suatu riwayat yang bersumber dari ibnu Abbas r.a. dikemukakan:

كان رسول اللہ ﷺ أفلج الثنيتين ، إذا تكلم رؤي كالثور يخرج من بين ثناياه .

Rasulullah saw. mempunyai gigi seri yang renggang. Bila beliau berbicara terlihat seperti ada cahaya yang memancar keluar dari antara kedua gigi serinya itu.

(Diriwayatkan oleh 'Abdullah bin 'Abdurrahman, dari Ibrahim bin Mundzir al-Hizami, dari 'Abdul 'Aziz bin Tsabit az-Zuhri, dari Ismail bin Ibrahim, dari Musa bin 'Uqbah, dari Kuraib, yang bersumber dari Ibnu Abbas r.a.).

Demikian sajian mengenai 13 Hadits tentang Bentuk Tubuh Rasulullah SAW - Hadits Riwayat At-Tirmidzi. Sebenarnya hadits tentang perawakan dan bentuk tubuh Rasulullah banyak, namun hadits yang ditampilkan di sini semuanya diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi.

Semoga bermanfaat dan menambah kecintaan kita kepada Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam.

Deni Abu Fadli
Deni Abu Fadli Seorang pendidik di SMPN 1 Mande. IG dan YT: @kangdeni76