7 Doa yang Diajarkan Nabi Ibrahim kepada Kita


Abufadli.com - Sahabat dakwah, tentu kita sudah mengenal nabi yang satu ini, dikenal sebagai bapaknya para nabi. Beliau, Nabi Ibrahim alaihissalam, diakui oleh tiga agama, Yahudi, Nasrani, dan Islam. Termasuk salah seorang nabi uluul azmi, yakni nabi yang memiliki ketabahan yang luar biasa dalam mengemban agama Allah.

Dalam Al Qur'an, Allah Swt mengabadikan doa-doa beliau dalam beberapa peristiwa, yang bagus untuk diamalkan oleh kita, sebagai amalan sunnah harian. Setidaknya ada 7 doa Nabi Ibrahim AS yang diajarkan beliau untuk kita.

Adapun ke 7 doa Nabi Ibrahim tersebut diantaranya sebagai berikut!

Doa #1
Doa Agar Dikaruniai Anak Sholeh

Doa Nabi Ibrahim yang satu ini bisa diamalkan oleh Anda yang sudah lama menikah namun belum juga diberikan keturunan. Atau bagi Anda yang mendambakan anak laki laki yang sholeh. Adapun bunyi doanya adalah sebagai berikut :

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

RABBI HAB LI MINA AS-SALIHINA

Artinya : Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

Doa #2
Doa Terbebas dari Sifat Musyrik

Doa Nabi Ibrahim yang satu ini sangatlah baik jika Anda amalkan setiap hari secara rutin karena kandungan doa ini sangatlah baik untuk menumbuhkan ketauhidan kita kepada Allah SWT. Adapun bunyi doanya yaitu :

وَإِذْ قَالَ إِبْرٰهِيْمُ رَبِّ اجْعَلْ هٰذَا الْبَلَدَ اٰمِنًا وَّاجْنُبْنِيْ وَبَنِيَّ أَنْ نَّعْبُدَ الْأَصْنَامَ

WA-IDZ QAALA IBRAAHIIMU RABBI IJ’AL HAADZAA ALBALADA AAMINAN WAUJNUBNII WABANIYYA AN NA’BUDA AL-ASHNAAMA

Artinya : Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhan, jadikanlah negeri ini (Mekkah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku agar tidak menyembah berhala.

Doa #3
Doa untuk Masa Depan Umat Islam

رَبَّنَا وَابْعَثْ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

RABBANAA WAIB’ATS FIIHIM RASUULAN MINHUM YATLUU ‘ALAYHIM AAYAATIKA WAYU’ALLIMUHUMU ALKITAABA WAALHIKMATA WAYUZAKKIIHIM INNAKA ANTA AL’AZIIZU ALHAKIIMU

Artinya : Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka sesorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.

Doa #4
Doa Untuk Persatuan Bangsa dan Negara

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ قَالَ وَمَنْ كَفَرَ فَأُمَتِّعُهُ قَلِيلًا ثُمَّ أَضْطَرُّهُ إِلَىٰ عَذَابِ النَّارِ ۖ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ

WA-IDZ QAALA IBRAAHIIMU RABBI IJ’AL HAADZAA BALADAN AAMINAN WAURZUQ AHLAHU MINA ALTSTSAMARAATI MAN AAMANA MINHUM BIALLAAHI WAALYAWMI AL-AAKHIRI QAALA WAMAN KAFARA FAUMATTI’UHU QALIILAN TSUMMA ADTHARRUHU ILAA ‘ADZAABI ALNNAARI WABI/SA ALMASHIIRU

Artinya : Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: “Dan kepada orang yang kafir pun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali”. (Q.S Al Baqarah : 126)

Doa #5
Doa Agar Masuk dalam Golongan Orang Soleh

Doa Nabi Ibrahim yang satu ini sangatlah penting dibaca karena kelak di akhirat Anda akan dikumpulkan Bersama orang orang soleh di Surga Allah SWT.

رَبِّ هَبْ لى حُكْماً وَأَلْحِقْنى‏ بِالصَّالِحينَ * وَاجْعَلْ لى‏ لِسانَ صِدْقٍ فى‏ الآخِرينَ * وَاجْعَلْنى‏ مِنْ وَرَثَةِ جَنَّةِ النَّعيمِ * وَلا تُخْزِنى يَومَ يُبْعَثُونَ

RABBI HAB LII HUKMAN WA-ALHIQNII BISH-SHAALIHIIN(A), WAAJ’AL LII LISAANA SHIDQIN FII-AAKHIRIIN(A), WAAJ’ALNII MIN WARATSATI JANNATINNA’IIM(I), WAAGHFIR ABII INNAHU KAANA MINADH-DHAALLIIN(A), WALAA TUKHZINII YAUMA YUB’ATSUUN(A)

Artinya : “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh, dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang memusakai surga yang penuh kenikmatan dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan.” (QS. Asy-Syu’ara’ [26]: 83 – 87)

Doa #6
Doa Memohon Perlindungan Diri

رَبَّنا عَلَيكَ تَوَكَّلْنا وَإِلَيْكَ أَنَبْنا وَإِلَيْكَ المَصيرُ * رَبَّنا لا تَجْعَلْنا فِتْنَةً لِلَّذينَ كَفَروُا وَاغْفِرْ لَنا رَبّنا إنَّكَ أَنْتَ الْعَزيزُ الْحَكيمُ….

QAD KAANAT LAKUM USWATUN HASANATUN FII IBRAAHIIMA WAALLADZIINA MA’AHU IDZ QAALUU LIQAWMIHIM INNAA BURAAAU MINKUM WAMIMMAA TA’BUDUUNA MIN DUUNI ALLAAHI KAFARNAA BIKUM WABADAA BAYNANAA WABAYNAKUMU AL’ADAAWATU WAALBAGHDAAU ABADAN HATTAA TU/MINUU BIALLAAHI WAHDAHU ILLAA QAWLA IBRAAHIIMA LI-ABIIHI LA-ASTAGHFIRANNA LAKA WAMAA AMLIKU LAKA MINA ALLAAHI MIN SYAY-IN RABBANAA ‘ALAYKA TAWAKKALNAA WA-ILAYKA ANABNAA WA-ILAYKA ALMASHIIRU

RABBANAA LAA TAJ’ALNAA FITNATAN LILLADZIINA KAFARUU WAIGHFIR LANAA RABBANAA INNAKA ANTA AL’AZIIZU ALHAKIIMU

Artinya : “Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkaulah kami bertawakal dan hanya kepada Engkaulah kami bertobat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali, Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. Dan ampunilah kami ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkau, Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al-Mumtahanah [60]: 4 – 5)

Doa #7
Doa Agar Istiqomah Menjaga Sholat

Anda yang belum bisa istiqomah dalam menjaga sholat, ada baiknya anda mengamalkan doa Nabi Ibrahim yang satu ini. Berikut doanya :

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

RABBI IJ’ALNII MUQIIMA ALSHSHALAATI WAMIN DZURRIYYATII RABBANAA WTAQABBAL DU’AA/-I

Artinya : Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (Q.S Ibrahim : 40)

Demikian doa-doa yang diajarkan Nabiyulloh Ibrahim alaihissalam untuk kita amalkan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi amalan harian kita.

Salam,
www.gurudakwah.web.id
posted from Bloggeroid
Deni Kurnia
Deni Kurnia Seorang Pembelajar, tak Lebih