5 Untaian Kata Hikmah Rasulullah SAW tentang Himmah



Abufadli.com - Sahabat Guru Dakwah, Islam mengajarkan bahwa untuk mencapai sesuatu, diperlukan modal tekad, semangat, dan kesungguhan. Atau yang lebih dikenal dengan istilah Himmah. Himmah atau himmatul 'amal, yakni memiliki semangat atau etos kerja yang tinggi. Himmatul 'amal diraih dengan jalan menjadikan motivasi ibadah (spiritual) sebagai pendorong utama di samping motivasi penghargaan (reward) dan hukuman (punishment).

Bagaimana Rasulullah SAW memandang hal ini?

Berikut 6 Untaian Kata Hikmah Rasulullah SAW tentang Himmah yang bisa menjadi motivasi bagi kita dalam memperbaiki kualitas amal.

Hikmah #1
" Tidaklah seorang diantara kamu, makan suatu makanan lebih baik daripada memakan dari hasil keringatnya sendiri" (HR Baihaqi)

Hikmah #2
" Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya keterampilan kedua tangannya pada siang hari maka pada malam itu ia diampuni." (HR Ahmad)

Hikmah #3
"Sesungguhnya di antara perbuatan dosa ada dosa yang tidak bisa terhapus (ditebus) oleh pahala shaum dan shalat. Ditanyakan kepada beliau, ' Apakah yang dapat menghapuskannya, ya Rasulullah?' Jawab Rasul SAW: " Kesusahan bekerja dalam mencari nafkah penghidupan." (HR Abu Nu'aim)

Hikmah #4
" Sesungguhnya Allah Ta'ala senang melihat hamba-Nya bersusah payah kelelahan dalam mencari rezeki yang halal." (HR Adailami)

Hikmah #5
" Ya Allah! Berikanlah keberkahan kepada ummatku, pada usaha yang dilakukannya di pagi hari." (HR Tirmidzi)

Demikiankah keagungan Islam, begitu menghargai sesorang mukmin yang benar-benar mujahadah dalam menjemput rizki yang Allah tebarkan di bumi. Semoga lelah kita dalam mencari nafkah halal, menjadi ladang amal bagi kita semua. Aamiin.

Selamat memupuk keikhlasan,
www.abufadli.com

Belum ada Komentar untuk "5 Untaian Kata Hikmah Rasulullah SAW tentang Himmah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel