6 Manfaat Berkumpul dengan Orang Saleh


Gurudakwah.web.id - Aa Gym, dalam sebuah tausiyahnya pernah menyampaikan sebuah tamsil tentang etika bergaul, bergaul dengan penjual minyak wangi, akan ikut menjadi wangi, bergaul dengan pandai besi, akan ikut bau bakaran.

Kalimat tersebut mengandung makna, dengan siapa kita bergaul, maka akan seperti itu pula karakter diri kita. Maka dengan gampang kita bisa menebak kepribadian seseorang, hanya dengan melihat siapa saja yang ada di sekeliling orang tersebut.

Bagaimana pengaruh berkumpul dengan orang saleh?


قال ابن القيم رحمه الله :

‏مجالسة الصالحين تحولك من ستة إلى ستة

‏1- من الشك إلى اليقين
‏2- ومن الرياء إلى الإخلاص
‏3- ومن الغفلة إلى الذكر
‏4- ومن الرغبة في الدنيا إلى الرغبة في الآخرة
‏5- ومن الكبر إلى التواضع
‏6- ومن سوء النية إلى النصيحة

[إغاثة اللهفان1/136]

Ibnul Qoyyim rahimahullah mengatakan,

"Duduk bersama orang-orang yang saleh itu akan mengubah 6 keadaanmu (yang tidak baik) menuju 6 keadaan lain (yang lebih baik) :

1. ⃣ Dari keraguan menuju keyakinan.

Dari keraguan akan kebesaran, keagungan, dan kasih sayang Allah, berubah menjadi keyakinan, bahwa Allah maha menyayangi makhluk-Nya.

2. ⃣ Dari rasa ingin dilihat orang lain menuju keikhlasan.

Berkumpul dengan orang saleh, akan menjadi motivasi untuk beramal secara ikhlas. Makin intens pergaulan dengan yang lebih soleh, akan menjadi wasilah terpuruknya jiwa kita menuju keikhlasan dalam setiap perbuatan.

3. ⃣ Dari kelalaian menuju dzikir (mengingat Allah).

Dengan siapa kita bergaul, akan berpengaruh kepada apa yang kita bincangkan. Dengan yang suka musik, perbincangan tidak akan jauh dengan hal musik. Dengan yang saleh, tentu pembicaraan tidak akan jauh seputar amaliah solehah, dan dzikir kepada Allah SWT.

4. ⃣ Dari cinta dunia menuju cinta akhirat.

Orientasi pecinta dunia, ya dunia. Orientasi pecinta akhirat, ya pasti akhirat. Pergaulan dengan dua kelompok ini, akan menentukan orientasi mana yang akan kita pilih.

5. ⃣ Dari sikap sombong menuju sifat tawadhu' dan rendah hati.

Kesungguhan kita menghilangkan sikap takabbur, akan lebih cepat terealisasi jika di sekeliling kita adalah orang-orang yang takeshi, rendah hati. Bahasa mudahnya, kita akan malu sendiri jika bersikap sombong sementara kawan-kawan kita tidak demikian.

6. ⃣ Dari buruknya niat menuju rasa empati yang baik.

Kebersamaan dalam ketaatan, membuahkan ikatan kuat berdasar aqidah. Rasa empati akan terasah dan kepekaan untuk berbagi juga tumbuh subur dalam jiwa.

Insya Allah, 6 Manfaat Berkumpul dengan Orang Saleh ini akan terwujud, asal ada kesungguhan kita untuk berubah.

Selamat berubah,
www.Gurudakwah.web.id


[Ighotsah al-Lahafan, 1/136]
posted from Bloggeroid

Belum ada Komentar untuk "6 Manfaat Berkumpul dengan Orang Saleh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel