Kreasi Membuat Gambar Posting Sederhana dengan Poster Maker di Android

Kreasi Membuat Gambar Posting Sederhana dengan Poster Maker di Android. Bagi para blogger, posting artikel plus gambar ilustrasinya, sudah lumrah. Namun memang menyertakan gambar dalam postingan atau artikel, itu sebuah pilihan saja. Ada blogger yang membangun blognya tanpa gambar sama sekali dalam setiap artikelnya, misalnya blog dudung.net. atau agusmulyadi.web.id

Fungsi gambar dalam postingan atau artikel

Sebelum membahas tema di atas, ada baiknya kita menelisik fungsi gambar dalam postingan/artikel. 

1. Fungsi ilustrasi
Jika kita menulis tentang sesuatu, untaian kalimat itu akan lebih bertenaga jika kita menyertakan gambar yang relevan. Misal, sebuah blog/website membahas Persib, maka pembaca akan lebih bisa menikmati informasi, jika disertakan gambar ilustrasi yang sesuai.

2. Fungsi SEO
Sudah kita ketahui, salah satu produk penelusuran mesin pencari semisal Google, adalah Google Image. Ketika pengunjung meng-klik gambar yang mereka cari, maka akan terbuka tawaran untuk mengunjungi situs pemilik gambar tersebut. Ini merupakan salah satu cara mendatangkan visitor/pengunjung bagi blog/website.

Dari dua fungsi gambar dalam postingan di atas, kita dapat dengan mantap menyimpulkan, bahwa ada keuntungan bagi blog kita jika kita memasang gambar dalam artikel. 

Syarat Gambar Postingan yang membuat kredibilitas sebuah blog meningkat

Jika kita membaca aturan main Google, mereka mensyaratkan serba asli bagi sebuah konten termasuk gambar/ilustrasi artikel. Kalau mau jujur, di dunia ini sekarang tidak ada yang benar-benar asli seutuhnya. Mungkin saja menurut kita asli, artikel hasil karya tulis sendiri, lalu kita publish. Ternyata misal, ketika kita cek ke copyspace.com, blog kita ada unsur plagiarisme.

Keaslian sebuah tulisan, terlihat dari cara penyajiannya, walaupun tema yang dibahas sama. Karena Setiap blogger memiliki kekhasan dalam menulis, maka tema yang sama akan terasa beda karena penyajiannya berbeda pula, baik dari segi gaya maupun sudut pandang.

Bagaimana dengan gambar?
Sama saja kita akan terjebak plagiarisme, jika kita mengambil gambar ber-hak cipta untuk postingan di blog kita. Solusinya, kita buat sendiri gambar atau ilustrasinya, atau bisa menggunakan layanan gambar bebas hal cipta, seperti pixabay.

Untuk membuat gambar sendiri, sekarang lebih mudah melalui layanan online, baik di desktop maupun seluler.

Di perangkat seluler berbasis sistem operasi Android, banyak sekali layanan aplikasi pembuat dan pengedit gambar. Salah satunya Poster Maker. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store. Penampilannya ketika sudah terbuka  seperti di bawah ini :

Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan menawarkan banyak pilihan background. Atau kita ingin menggunakan template yang sudah ada, bisa juga. Pokoknya sangat memadai untuk berkreasi Membuat Gambar Posting Sederhana.

Selain kelebihan, aplikasi ini pun terdapat kekurangan, antara lain : 
1. Aplikasi online, yang senantiasa membutuhkan kuota data.
2. Iklan agak mengganggu. Iklan pop up aplikasi, akan selalu terbuka ketika kita berpindah menu.
3. Fitur hanya cocok bagi kreasi sederhana.

Namun walau demikian, tak salah kita coba untuk berkreasi membuat ilustrasi untuk blog kita. Gambar yang dihasilkan akan terlepas dari plagiat.

Semoga bermanfaat
Happy blogging (www.abufadli.com)

Belum ada Komentar untuk "Kreasi Membuat Gambar Posting Sederhana dengan Poster Maker di Android"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel