Doa Meminta Ketakwaan dan Sifat Qona'ah


Semua dari kita akan sepakat, bahwa dalam hidup ini menginginkan segalanya yang terbaik. Dan puncak sesuatu yang terbaik itu adalah KETAKWAAN dan QONA'AH. 

Dalam pengertian yang lumrah kita fahami, bahwa TAKWA itu adalah menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Sedangkan QONA'AH adalah perilaku batiniyah yang merasa cukup dengan segala karunia dari Allah subhanahu wa ta'ala.

Memiliki dua sifat di atas (TAKWA dan QONA'AH) tentu harapan kita semua. Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam mengajarkan kepada kita sebuah untaian doa yang singkat, namun lengkap. Dia memohon hidayah, ketakwaan, rizki yang halal, dan merasa cukup. 

Berikut ini sebuah doa yang sering Rasulullaah shalallahu 'alaihi wasallam baca. Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

أنَّ النبيَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يقول : (( اللَّهُمَّ إنِّي أسْألُكَ الهُدَى ، والتُّقَى ، والعَفَافَ ، والغِنَى

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca do’a: “Allahumma inni as-alukal huda wat tuqo wal ‘afaf wal ghina”.” (HR. Muslim no. 2721)

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu hidayah, ketakwaan, dijauhkan dari yang tidak halal, dan anugerahkan hati yang selalu merasa cukup".

Sungguh menjadi kebahagiaan, kita sebagai umat Rasulullah, sedikit demi sedikit menjalankan sunnah-sunnah beliau. Dan doa di atas salah satu sunnah yang beliau contohkan.

Selamat menempa diri!

Belum ada Komentar untuk "Doa Meminta Ketakwaan dan Sifat Qona'ah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel