5 Jenis Ilmu


Kita sangat sering mendengar kata "ilmu". Bahkan di dalam Islam, orang yang memiliki ilmu, ditinggikan derajatnya dibanding yang tidak memilikinya. Bukan hanya itu, siapapun yang berlelah-lelah menuntut ilmu, Allah akan memudahkannya jalan ke surga.

Pertanyaannya, ilmu yang bagaimana yang mengantarkan pemiliknya ke level kemuliaan. Jangan-jangan, kita sudah merasa berilmu, namun ternyata tidak membawa kebaikan bagi hidup kita.

5 Jenis ilmu

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullaah yang wafat tahun 728 H, berkata, “Telah berkata Yahya bin ‘Ammar (wafat th. 422 H), ‘Ilmu itu ada lima, yaitu :

(1) ilmu yang merupakan kehidupan bagi agama, yaitu ilmu tauhid, 

(2) ilmu yang merupakan santapan agama, yaitu ilmu tentang mempelajari makna-makna Al-Qur-an dan hadits, 

(3) ilmu yang merupakan obat agama, yaitu ilmu fatwa. Apabila suatu musibah (malapetaka) datang kepada seorang hamba, ia membutuhkan orang yang mampu menyembuhkannya dari musibah itu, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu

(4) ilmu yang merupakan penyakit agama, yaitu ilmu kalam dan bid’ah, dan 

(5) ilmu yang merupakan kebinasaan bagi agama, yaitu ilmu sihir dan yang sepertinya.’”

Perkataan Yahya bin 'Ammar ini kiranya cukup untuk dijadikan panduan bagi kita, memilih dan memilah ilmu. Kita tidak ingin mempelajari suatu ilmu, yang ternyata di akhirnya, bukan kebahagiaan yang kita dapatkan, melainkan kerugian.

Sumber inspirasi artikel ini, DI SINI 
Semoga bermanfaat. (www.abufadli.com)

Belum ada Komentar untuk "5 Jenis Ilmu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel