Doa yang Paling Penting Dimohonkan


Doa yang Paling Penting Dimohonkan. Setiap hamba senantiasa memohon serta meminta segala sesuatu yang dibutuhkan setiap hari kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Permohonan itu baik untuk kepentingannya di dunia maupun di akhirat. Hanya kepada Allah ta’ala segala doa dimohonkan, karena seluruh perbendaharaan di langit dan di bumi berada di sisi-Nya.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman;

وَإِنْ مِنْ شَيْءٍ إِلا عِنْدَنَا خَزَائِنُهُ وَمَا نُنَزِّلُهُ إِلا بِقَدَرٍ مَعْلُومٍ (٢١)

"..dan tidak ada sesuatupun melainkan pada sisi Kami-lah khazanahnya; dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran yang tertentu. (QS Al Hijr [15] : 21)

Di antara doa yang paling penting untuk dimohonkan atau dipanjatkan seorang hamba kepada Allah ta’ala adalah sebagai berikut :

1) Memohon hidayah atau petunjuk, yaitu berupa hidayah taufik supaya ditunjukki ke jalan yang haq (benar) 

Contoh doa :

وَلَمَّا تَوَجَّهَ تِلْقَاءَ مَدْيَنَ قَالَ عَسَى رَبِّي أَنْ يَهْدِيَنِي سَوَاءَ السَّبِيلِ (٢٢)

“…dan tatkala ia menghadap kejurusan negeri Mad-yan ia berdoa (lagi): "Mudah-mudahan Tuhanku memimpinku ke jalan yang benar". ( QS Al Qashash [28]:22)



2) Memohon agar diampuni segala dosa yang pernah dilakukan, karena siang dan malam setiap harinya hamba tidak luput dari berbuat dosa dan maksiat

Contoh doa :

وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالإيمَانِ وَلا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ (١٠)

“…dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: "Ya Rabb Kami, beri ampunlah Kami dan saudara-saudara Kami yang telah beriman lebih dulu dari Kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati Kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb Kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang." ( QS Al-Hasyr [59]: 10)


3) Memohon agar dimasukkan ke Surga dan dijauhkan dari api Neraka

Contoh doa :

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا (٦٥) إِنَّهَا سَاءَتْ مُسْتَقَرًّا وَمُقَامًا (٦٦)

"Ya Tuhan Kami, jauhkan azab Jahannam dari Kami, Sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal. Sesungguhnya Jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman”.( QS Al Furqan [25] : 65-66)

4) Memohon keselamatan di dunia dan di akhirat, dan agar dijauhkan dari berbagai macam bencana dan malapetaka

Contoh doa :

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ (٢٠١)

"Ya Tuhan Kami, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah Kami dari siksa neraka"[QS Al Baqarah :201].


5) Memohon supaya hati ditetapkan di atas agama dan supaya tetap istiqomah dalam melaksanakan ketaatan kepada-Nya
Contoh doa :

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ (٤٠)

Ya Tuhanku, Jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku.” ( QS Ibrahim [14]: 40)


6) Memohon ditetapkannya nikmat Islam, sunnah, dan diselamatkan dari segala bentuk kemurkaan.

Contoh doa:

وَمَا تَنْقِمُ مِنَّا إِلا أَنْ آمَنَّا بِآيَاتِ رَبِّنَا لَمَّا جَاءَتْنَا رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ (١٢٦)

..dan kamu tidak menyalahkan Kami, melainkan karena Kami telah beriman kepada ayat-ayat Tuhan Kami ketika ayat-ayat itu datang kepada kami". (mereka berdoa): "Ya Tuhan Kami, Limpahkanlah kesabaran kepada Kami dan wafatkanlah Kami dalam Keadaan berserah diri (kepada-Mu)".


Demikian hal-hal terpenting yang harus kita mohonkan kepada Robb kita. Kenikmatan bermunajat disertai dengan adab dan tata cara berdoa yang sesuai syariat, akan menjadi factor penting terkabulnya doa. Tentu, dengan menghindari hal-hal yang justru menjadi sebab tertolaknya doa.


*) Poin-poin di atas dirangkum dari Kitab Syuruthud Du’a wa Mawani’ul Ijabah fi Dhau-il Kitab was Sunnah (hlm. 136-149)

Belum ada Komentar untuk "Doa yang Paling Penting Dimohonkan "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel