Teknologi Bertabur Klenik, Riba, dan Halusinasi


Pernah menerima SMS dari nomor yang tak dikenal? Yang isinya menawarkan pinjaman secara online, MLM, investasi,  informasi memenangkan hadiah tertentu, atau pesugihan seperti gambar di atas?

Jawabannya kemungkinan IYA. Sebagai pengguna jasa telekomunikasi sebuah operator selular, yang notabene mengeluarkan biaya untuk membeli layanan, baik pulsa maupun data, jika menerima SMS seperti itu, kesel juga. Tak hanya sekali, ini seringkali.

Bahkan mungkin timbul kecurigaan, jangan-jangan ada kerjasama dengan pihak operator. 

Berbeda dengan email, layanan SMS tak memungkinkan kita untuk memblokir jenis pesan ke dalam jenis SPAM. Sedangkan email, dengan gampang kita menyortir pesan masuk ke kotak spam.

Tinjauan SMS pesugihan, transaksi ribawi, dan yang lainnya

Pertama, kita lihat dari penyebabnya. Makin marak dan menjamurnya praktek pesugihan, transaksi ribawi, khurafat, dan yang lainnya, tidak terlepas dari buruknya sistem kehidupan yang diterapkan.

Tak bisa dipungkiri, demokrasi memberi ruang kepada semua hal buruk itu, dengan dalih hak asasi manusia. Semua warga berhak mencari penghasilan dan penghidupan. Halal haram, nomer sekian, bahkan tak ada mungkin dalam kamus hidup mereka.

Penyebab lainnya, proses fashlu ad-diini 'ani al-hayah, pemisahan agama dari kehidupan, atau istilah lainnya, SEKULERISME, massif dijalankan secara terstruktur, didukung penguasa.

Jadilah agama (Islam) dipersempit hanya di ruang pribadi, tidak untuk mengatur seluruh aspek kehidupan.

Padahal dengan sifatnya yang Syamil (menyeluruh) dan Kamil (sempurna), Islam adalah sebuah sistem kehidupan yang paripurna, mengatur segala praktek kehidupan manusia. 

Dengan kondisi ini, siapapun akan merasa bebas menjalankan kehidupan, tanpa memakai aturan agama, tanpa peduli dengan yang haram apalagi syubhat.

Kedua, ada penjual karena ada pembeli.
Ada yang "dagang" pesugihan, karena banyak orang yang memakai jasa tersebut.

Banyak muncul pinjaman ribawi, karena masyarakat  memang banyak yang senang meminjam secara ribawi.

Kenapa banyak hoaks hadiah? Ya karena banyak pula yang diam-diam senang dengan perjudian, apapun prakteknya.

Dan banyak contoh lainnya.

Intinya, jika sistem kehidupan yang diterapkan bukan sistem Islam, jangan banyak berharap ada perubahan mendasar, yang akan menghilangkan banyak keburukan, sekaligus mendatangkan banyak keberkahan.

Karena Islam sempurna, kewajiban kita menegakkannya di muka bumi. In syaa Allah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel