3 Amalan Agar Kuat Hafalan, Boleh dicoba!


Dalam Islam, menghafal itu perkara pertama dari titian ilmu. Para sahabat ketika Nabi shalalllahu 'alaihi wassalam membacakan wahyu yang diterimanya, mereka mendengarkan dan menghafalkannya. Begitu juga dengan para tabi'in dan ulama -ulama setelahnya, menjadikan hafalan sebagai tradisi keilmuan.

Dalam hal kewajiban kita terhadap al-Qur'an, setidaknya ada 5 tahapan. Tahapan-tahapan tersebut dimulai dengan membacanya, menghafal, memahami, menjalankan, dan mengajarkan. Ini menandakan pentingnya proses menghafal.

Masalahnya, banyak di antara kita (termasuk saya hehehe...) yang memiliki problem, susah menghafal dan susah menjaga hafalan. Salah satunya hafalan al-Qur'an. Atau sederhananya, susah untuk ingatnya, tetapi gampang untuk lupanya. Sama kan?

Setelah mencari-cari cara agar mudah menghafal al-Quran dan kuat ingatan untuk menjaga hafalannya, alhamdulillah ketemu. Sebuah situs Malaysia memposting amalan supaya menguatkan ingatan (mudah menghafal al-Quran). Berikut ini penjelasannya: 

3 Amalan Agar Kuat Hafalan

1. Membaca doa berikut ini yang diajarkan Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam, setiap hari sebanyak 3 kali, yaitu:

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ.

"Ya Allah, aku meminta kepada-Mu jiwa yang yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridha dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa-cukup dengan pemberian-Mu". (Hadis Riwayat at-Thabrani)

2. Syekh Sayyid Hasan bin Shalih al-Bahr rahimahullah mengatakan , Untuk memudahkan memahami ilmu, mengamalkannya, dan tidak lupa, maka hendaklah mengulang-ulang membaca doa ini berikut ini,

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ، وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ، وَإِلْهَامَ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ، اَللَّهُمَّ اغْنِنِى بِالْعِلْمِ، وَزَيِّنِّى بِالْحِلْمِ، وَأَكْرِمْنِى بِالتَّقْوَى، وَجَمِّلْنِى بِالْعَافِيَةِ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمْيِنَ.

Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu pemahaman para Nabi, ingatan para Rasul, dan ilham para malaikat yang mempunyai kedudukan istimewa. Ya Allah, cukupkan aku dengan ilmu. Hiasi diriku dengan hilm (kesantunan dan kelembutan). Muliakan aku dengan takwa. Baguskan diriku dengan afiat (kesehatan). Duhai, yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi.”

3. Imam as-Suyuthi dalam al-Itqan, menyebutkan bahwa Mughirah bin Subai‘, salah satu sahabat Ibnu Mas‘ud radhiyallahu anhu pernah berkata, 

‘Barangsiapa yang membaca 10 ayat dari surat al-Baqarah pada malam hari, maka ia tidak akan lupa dengan hapalan al-Quran, yaitu: 4 ayat permulaannya, Ayat Kursi, 2 ayat sesudah Ayat Kursi, dan 3 ayat terakhir’.

Imam as-Suyuthi menyebutkan atsar ini berdasarkan riwayat Imam ad-Darimi dalam Sunan-nya.

Demikianlah 3 amalan agar kuat hafalan yang diajarkan Rasulullah  shalalllahu 'alaihi wasallam, dicontohkan para sahabat dan tabi"in. 

Amalan-amalan tersebut bisa kita amalkan dengan tanpa melupakan amalan utama, yakni menjaga diri dari kemaksiatan. Semoga Allah Ta'ala senantiasa membimbing langkah-langkah kita. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel