Kata-kata Mutiara Islam Terbaik, Selamat Menyelami Maknyanya



Kutipan (quote)  ataupun kata-kata mutiara (baik bersumber dari hadits, perkataan sahabat, ucapan tabi'in, qoul ulama, dll) dalam Islam sangat berguna. Mengapa demikian? Karena ungkapan kata atau kata-kata mutiara secara otomatis terhubung dengan keyakinan seorang Muslim tentang tujuan keberadaan mereka di dunia ini dan menjadi motivasi untuk mencapai tujuan itu.

Umumnya kutipan/quote/ungkapan/kata-kata mutiara,  dapat memotivasi kita untuk melakukan hal-hal positif dalam hidup kita sehari-hari. Para lelaki terpelajar mempelajari dan memahami makna kehidupan yang lebih dalam dan lingkungannya, ini memungkinkan mereka untuk membuat keputusan berdasarkan informasi dan membuat penilaian dengan pemikiran dan kebijaksanaan yang tercerahkan.

Kutipan/qote terkenal dapat ditemukan dalam berbagai literatur dari segala usia, yang kebanyakan diambil dari perkataan para sahabat. Para sahabat Nabi shalallahu 'alaihi wasallam memiliki kecerdasanluar biasa dan mereka melatih jiwa mereka (nafsiyyah) untuk menjadi sangat Islami, yaitu mematuhi halal dan haram dalam semua aspek kehidupan mereka dengan sangat ketat !

Ada ribuan kutipan dari Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wasallam dalam Koleksi Hadits Sahih. Begitu juga sahabat-sahabat beliau,  menyampaikan perkataan  yang luar biasa sehingga manusia dapat dengan mudah memahami dan menerapkannya dengan segera dalam hidup mereka untuk menjadi lebih sadar akan kedudukannya sebagai hamba Allah Ta'ala.

Terkenal atau tidak, Kutipan/Ungkapan/Kata-kata mutiara Islam harus memiliki efek dalam hidup kita sehingga itu membuat kita lebih Islami dalam setiap aspek kehidupan. Dalam artian, kalimat-kalimat "quote" tersebut bersifat aplikatif, perlu penerapan, tak sekedar menjadi pengetahuan dan hafalan.

Saya berharap kutipan-kutipan Islam dari para Cendekiawan Islam ini dapat menjadi pengingat bagi kita semua, untuk menjalani kehidupan ini lebih baik dan lebih Islami lagi.

Kutipan Islami tentang Cinta Tuhan


  • "Dia yang datang untuk mengambil cinta Allah tidak dapat memiliki rasa untuk cinta dunia." - Abu Bakr Siddiq (ra)
  • "Firman Allah adalah obat untuk hati." - Imam Ali (ra)
  • "Duduklah bersama mereka yang mencintai Allah, niscaya akan menerangi pikiran." - Umar bin al-Khattab (ra)

Kutipan Islam tentang Kebesaran


  • "Lari dari kebesaran, dan kebesaran akan mengikuti Anda." - Abu Bakr Siddique (ra)
  • "Ada kebesaran dalam takut akan Tuhan, kepuasan dalam iman kepada Tuhan, dan kehormatan dalam kerendahan hati." - Abu Bakr Siddique (ra)
  • "Hiduplah sedemikian rupa sehingga, ketika Anda mati, orang-orang dapat meratap Anda, dan ketika Anda hidup mereka merindukan kehadiran Anda." - Imam Ali (ra)
  • "Selama kamu murni hatinya, kamu mengatakan yang sebenarnya." - Umar bin al-Khattab (ra)

Kutipan Islami tentang Perilaku yang Baik

  • "Perbuatan baik adalah penjaga terhadap datangnya kesulitan." - Abu Bakr Siddique (ra)
  • "Berbuat baik kepada orang lain, itu akan melindungi Anda dari kejahatan." - Abu Bakr Siddique (ra)
  • "Jika Anda mengharapkan berkat Allah, bersikaplah baik kepada umat-Nya." - Abu Bakr Siddique (ra)
  • "Pengampunan adalah mahkota kebesaran." - Imam Ali (ra)

Kutipan Islam tentang Amal


"Ketika Anda menawarkan Shadaqah kepada pengemis, lakukanlah dengan rendah hati dan hormat, karena apa yang Anda tawarkan adalah tawaran kepada Allah (swt)." - Abu Bakr Siddique (ra)

"Seseorang seharusnya tidak merasa bahagia dengan perolehan kekayaan, juga tidak harus berduka atas kehilangannya." - Uthman Ghani (ra)

Masih tersisa ribuan bahkan mungkin jutaan perkataan yang penuh hikmah dan pelajaran, yang mengingatkan kita tentang tujuan hidup, cara menggapainya, dan menikmati hasil amalnya. Namun tak mungkin kita menuliskan jutaan kata hikmah ini, di sini.

Sekali lagi, saya berharap, semoga kutipan Islam menjadi semacam "trigger", pembakar semangat kita untuk mempersembahkan hidup yang terbaik.

Versi Bahasa Inggris, DI SINI
Baca Juga
Deni Kurnia Seorang GURU yang mengaku sebagai BLOGGER

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel