Terapi Ikan di Taman Satwa Cikembulan dan 7 Manfaat yang Didapat

Terapi Ikan di Taman Satwa Cikembulan

Sehabis kondangan pernikahan saudara di Samarang, Garut, menyempatkan diri menemui saudara-saudara di sekitara Garut. Juga sebuah kunjungan "wajib" ke Taman Satwa Cikembulan. Sebuah area konservasi satwa yang didesain dalam konsep taman. Saya bersama keluarga berwisata ke taman satwa yang berada di Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Garut ini, sudah 4 kali. Selain jaraknya yang sangat dekat, sekitar 50 meter dari rumah saudara, juga banyak hal menarik di sini.

Karena memiliki konsep taman, Taman Satwa Cikembulan tidak hanya menyediakan deretan kandang hewan, namun juga aneka sarana permainan bagi anak, dengan tarif GRATIS. Juga dilengkapi saung-saung nyaman untuk peristirahatan pengunjung. Untuk urusan tarif masuk, setiap tahun sepertinya naik terus. Tahun ini, tarif masuk anak-anak sebesar Rp. 20 ribu, dan orang tua Rp. 30 ribu.

Di tempat ini ada sebuah tempat favorit saya setiap berkunjung ke area taman ini, yaitu Terapi Ikan. Konsep tata lokasinya, dibuat sebuah kolam, dinaungi saung, dan ditata sedemikian rupa sehingga pengunjung betah. Apa yang dilakukan di sini? Tentunya membiarkan kaki terendam air kolam, dan terjadilah sebuah sensasi. Puluhan ikan mengerumuni kaki dan menggigit-gigit kulit, memakan kotoran yang ada di kaki.

Bagi yang belum terbiasa, akan terasa sangat geli. Betapa tidak, dengan agresifnya ikan-ikan itu terus mengerumuni dan menggigiti kotoran dan bekas luka yang sudah kering. Jika kotoran sudah berkurang, ikan pun akan berhenti menggigit.

Bagi saya, terapi ikan ini selalu jadi favorit untuk dilakukan.

Namun, mungkin ada pertanyaan, apa manfaat yang didapat dari terapi ikan ini?

Ngobrol dengan beberapa pengurus Taman Satwa Cikembulan, ternyata banyak sekali manfaat dari terapi ikan. 7 Manfaat diantaranya adalah :

1. Menjaga kesehatan kulit
2. Melancarkan sirkulasi darah
3. Menghilangkan bekas luka
4. Menenangkan pikiran
5. Membuat otot kaki lebih nyaman
6. Membuat tidur menjadi nyenyak
7. Menurunkan lemak dalam tubuh

Secara medis, benarkah manfaat-manfaat ini teruji dan terbukti? Kurang tahu tuh. Namun yang saya rasakan setiap kali menjalani terapi ikan, badan menjadi lebih segar dan pegal-pegal juga tak terasa lagi. Wallahu a'lam.

Untuk melihat "penampakkan" Taman Satwa Cikembulan, silakan klik link di bawah :

https://www.abufadli.com/2019/01/penampakan-taman-satwa-cikembulan.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel