Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa agar Selamat dari Cobaan Wanita, Cobaan Dunia, dan Cobaan Hidup dan Mati



Mengarungi kehidupan dunia adalah sebuah perjalanan panjang menuju tempat kembali. Tempat kembali itu bernama akhirat. Namun ternyata di akhirat hanya ada dua tempat untuk ditinggali, yakni surga dan neraka.

Pilihan siapapun, tempat kembali itu surga, tak mau neraka. Seburuk apapun perilaku seseorang, ketika ditanya, mau masuk surga? Yakin, jawabannya MAU. Lantas segampang itukah kita masuk surga?

Musuh nyata manusia, setan akan selalu menghalangi manusia dari jalan menuju surga. Berbagai tipu muslihat dijalankan agar manusia tergelincir dari jalan kebenaran. Cobaan terbesar bagi manusia, di antaranya cobaan wanita dan Cobaan harta.

Bagaimana cara agar kita terlindung dari godaan-godaan tersebut

Tak ada kekuatan untuk terhindar dari keburukan godaan tersebut kecuali Allah subhanahu wa ta'ala yang memberikan kekuatan itu. Upaya memohon kekuatan dilakukan melalui doa.

Berikut ini nasihat salah seorang guru saya agar selamat dalam perjalanan, terhindar dari godaan-godaan.

Doa menghindari Godaan wanita 

Apabila kita tanpa sengaja melihat wanita bukan mahram yang menggoda (apalagi tidak pakai kerudung dan jilbab), maka segera palingkan pandangan anda lalu baca doa ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ النِّسَاءِ

"Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari cobaan wanita
."

Doa menghindari godaan dunia

Apabila anda melihat keindahan dunia yang menggoda seperti rumah megah atau kendaraan mewah, maka segera palingkan pandangan anda lalu bacalah doa ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا

"Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari cobaan dunia."

Doa melihat orang yang tenggelam dalam kehidupan dunia 

Apabila anda melihat orang-orang yang tenggelam dalam kehidupan dunia dan melupakan persiapan setelah mati atau anda melihat orang yang mati secara tragis (su'ul khatimah), maka bacalah doa ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا، وَفِتْنَةِ المَمَاتِ

"Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari cobaan hidup dan cobaan mati."

Demikian doa untuk tiga godaan ini, Semoga Allah melindungi kita dari segala cobaan di dunia dan azab di akhirat. Aamiin.

Thanks, Ustadz Yuana
Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, dan Seorang Pembelajar