Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memotivasi Diri Sendiri untuk Melakukan Hal-Hal yang Tidak dinginkan



Sehebat apapun kita dalam hal motivasi, di saat-saat tertentu kita semua mungkin pernah memiliki beberapa tugas yang tidak ingin kita lakukan. Alasannya, mungkin membosankan, menganggap tidak/kurang berguna, terlalu menguras tenaga, memakan waktu, menyebalkan, atau diperkirakan menghasilkan kecemasan. Jika dalam kondisi demikian, kira-kira apa yang harus dilakukan?
Langkah Pertama 
Langkah pertama adalah mengenali bahwa menjadi termotivasi bukan berarti Anda harus mengalami perasaan tertentu, seperti kegembiraan atau antisipasi. Sebaliknya, motivasi hanyalah satu di antara beberapa alasan yang Anda miliki untuk bertindak dengan cara tertentu. Anda dapat memutuskan untuk melakukan sesuatu tanpa pernah merasa senang dengan menemukan alasan yang bermakna secara pribadi  .
Misalnya, Anda dapat memilih untuk melakukan sesuatu karena itu akan:
  • Menurunkan kecemasan Anda.
  • Mendayagunakan seseorang yang Anda sayangi.
  • Mengarah ke keuntungan finansial.
  • Menghindarkan dari konsekuensi negatif.
  • Membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri.
  • Mengosongkan pikiran dari hal negatif
  • Mengurangi stres.
Alasan-alasan di bawah ini mungkin sering terdengar seperti ini dalam kehidupan sehari-hari :
“Saya tidak ingin melakukan _______ . Tetapi jika saya melakukan ________, maka saya akan melihat hasil keuangan yang signifikan baik sekarang dan di masa depan dan akan merasa baik tentang pilihan saya. "
“Saya tidak ingin melakukan _______. Tetapi jika saya menyelesaikannya, maka itu akan membuat bos saya bahagia dan menurunkan kecemasan saya setiap kali saya mengadakan pertemuan pribadi. "
“Saya tidak ingin melakukan _______ . Tetapi jika saya membuat kemajuan pada ________, maka saya akan jauh lebih sedikit stres minggu depan dan bersiap untuk ________. "
Bahkan jika kita tidak pernah merasa termotivasi oleh suatu tugas, kita dapat menemukan alasan untuk bergerak maju.
Langkah Kedua
Langkah kedua untuk sukses dengan melibatkan strategi untuk menyelesaikan tugas ketika Anda memiliki dorongan emosi yang rendah bahkan tidak ada. Bergantung pada tugas dan gaya kerja Anda, satu atau lebih dari strategi ini dapat membantu. Anda dapat mempertimbangkan metode ini sebagai cara Anda menemukan alasan untuk mengambil tindakan pada suatu tugas tetapi masih merasa tidak yakin tentang cara menyelesaikannya.
Salah satu metode pengambilan tindakan adalah dengan melibatkan orang lain dalam proses tersebut . Hubungan sosial positif ini dapat memberikan dorongan untuk menyelesaikan sesuatu. Ini bisa terlaksana dengan mendelegasikan bagian dari tugas, bekerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan kegiatan bersama, mengusahakan akuntabilitas kinerja , atau sekadar hadir dengan orang lain yang juga bekerja. .
Seperangkat metode pengambilan tindakan berkisar dalam hal bagaimana Anda menyusun pendekatan Anda terhadap pekerjaan Jenis-jenis strategi ini, masing-masing diilustrasikan dengan sebuah contoh, dapat membantu Anda untuk mendapatkan momentum ketika Anda memiliki dorongan rendah untuk bergerak maju:
  • Letakkan aktivitas yang frekuensinya rendah di belakang aktivitas yang frekuensinya tinggi. Misalnya, saya tidak bisa membuka email saya sampai saya selesai mengajukan laporan pengeluaran saya.
  • Beri diri Anda waktu khusus, misal setiap Jumat sore. Gunakan waktu khusus itu untuk perencanaan agenda pekan berikutnya.
  • Batasi komitmen waktu. Saya perlu bekerja selama 10 menit sehari pada tugas ini dan kemudian saya bisa berhenti jika saya ingin melakukannya.
  • Atur batasan minimal. Saya hanya perlu mengambil satu langkah tindakan seminggu dalam kegiatan ini.
  • Selesaikan. Saya ingin menyisihkan satu hari penuh untuk menyelesaikan tugas.
Langkah Ketiga
Serangkaian metode pengambilan tindakan yang ketiga, memasangkan aktivitas yang tidak menyenangkan dengan yang menyenangkan untuk meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan Ini bisa dipraktekkan dengan memberi diri Anda izin untuk melakukan tugas yang lebih sulit, seperti menulis atau menyusun presentasi, di lokasi yang Anda sukai, seperti kedai kopi yang nyaman atau bahkan taman jika cuacanya bagus. Ataupun melakukan sedikit aktivitas fisik selama proses tersebut, itu dapat membantu. 
Ketika Anda menggunakan satu atau lebih dari strategi ini, Anda mungkin tidak membuat kemajuan cepat atau kemajuan sempurna. Tetapi Anda dapat memajukan tugas, perlahan tapi pasti, dan menyelesaikan hal-hal yang tidak ingin Anda lakukan secara alami.
English Version 
Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, dan Seorang Pembelajar