Fii Amanillah dan Ma'assalamah, 2 Doa Pendek yang Dahsyat Pengaruhnya

okezone
Jika umumnya seseorang yang akan bepergian, orang yang ditinggalkan mengatakan "TITI DJ" (Hati-hati di Jalan), atau ucapan lain yang semakna. Maka dalam Islam ada do'anya tersendiri.

Doa tersebut adalah Fii amanillah (في امان الله), yang artinya "Semoga engkau selalu berada dalam lindungan Allah". Sebuah doa yang memiliki makna yang dalam, semoa Allah menjagamu dalam perjalanan ini, kembali kepada keluarga dalam keadaan selamat tanpa kurang suatu apa.

Doa Fii amanillah, sebuah doa yang pendek sekali, yang mengucapkannya tidak butuh waktu lebih dari satu menit. Doa pendek yang memiliki beragam makna. Semoga kesehatanmu, agamamu, akhlakmu, segala yang kamu butuhkan dalam perjalanan ini selalu dalam lindungan Allah. Masya Allah.

Makna lain dari doa ini adalah, harapan agar dilindungi dari hal-hal buruk saat berkendara, dilindungi dari malam-malam yang gelap, dilindungi dari niat orang-orang yang jahat.

Kapan doa fii amanillah diucapkan?

Kalimat fi amanillah yang berharap perlindungan dari Allah SWT, tak hanya diucapkan bagi yang akan menempuh perjalanan. Kondisi apa pun bisa mengucapkan fi amanillah saat muslim menginginkan proteksi Allah SWT.

Berikut beberapa kondisi bagi muslim yang bisa mengucapkan fi amanillah, mulai dari yang minim hingga berisiko tinggi:

1. Bertemu dan menghadapi orang yang terkena musibah

2. Kepada seseorang yang akan dan sedang menjalankan amanah, menduduki jabatan tertentu, atau bertanggung jawab pada suatu hal

3. Kepada yang akan menjalankan pekerjaan atau tugas dengan risiko

4 Di akhir percakapan semoga semua yang terlibat selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Lantas, apa yang mesti kita ucapkan untuk membalas doa "fii amanillah"?

Saat menerima ucapan fi amanillah, seorang muslim sebaiknya merespons doa tersebut. Hal ini layaknya ucapan salam yang dibalas doa serupa bagi yang mengucapkan.
1
وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا (٨٦

Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, Maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)[327]. Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu. (QS Annisa:86)

Ucapan fi amanillah bisa direspon dengan kalimat ma'assalamah (مَعَ السَّلاَمَة) yang kurang lebih punya makna yang sama. Sehingga mereka yang mendengar dan mengucapkan sama-sama dalam perlindungan Allah SWT setiap saat.

Ma’assalamah, semoga keselamatan selalu menyertaimu. Keselamatan agama, keselamatan lahir bathin, keselamatan apapun yang ada dalam hidup kamu. Ma’assalamah, semoga keselamatan selalu menyertaimu, selamat dari apa-apa yang tidak baik di hadapanmu.

Ma’assalamah, semoga keselamatan selalu menyertaimu. Ma’assalamah, semoga selamat selalu menyertai hatimu, tidak berpaling kepada laki-laki lain selain suamimu. Tidak tergoda untuk belanja diskonan dan ingat untuk mempersiapkan diri menyambutku pulang dengan ceria. Ngelantur.

Indah ya kalau kita berbalas doa setiap kali akan bepergian. Bikin nuansa keluarga selalu hangat, membuat kita selalu ingat bahwa dimanapun kita berada ada orang-orang yang menyayangi kita, yang selalu menunggu dengan setia.

Semoga bermanfaat!

Referensi :
1. Detik
Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel