Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Kalimat Indah tentang Persahabatan, Illustrasi dan Penjelasannya

Berbicara tentang kalimat indah atau kata-kata mutiara ataupun terkenal pula dengan istilah quotes, tentu tak lepas dari diksi. Diksi adalah pilihan kata. Ataupun tepatnya, sebuah seni memilihkan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan sebuah hal. Karena seni, tentu kalimat-kalimat itu mengandung keindahan tertentu tentang suatu hal, yang mengena terhadap rasa.

Apalagi kalimat-kalimat indah itu berbicara mengenai persahabatan, tambah rasa tambah pesona dari untaian kata tersebut. Apa itu persahabatan?

Kiranya 15 kalimat-kalimat indah di bawah ini akan menggambarkan secara utuh makna sahabat dan persahabatan, ditambah illustrasi yang ciamik dan penjelasan singkat tentang illustrasi itu. Semoga menambah keintiman persahabatan, tentu yang hakiki adalah persahabatan yang dilandasi tuntunan Islam.

15 Kalimat Indah tentang Persahabatan, Illustrasi dan Penjelasannya 

Berikut selengkapnya 15 Kalimat Indah tentang Persahabatan, Illustrasi dan Penjelasannya, selamat menyelami keindahan bahasanya.

  • Sebaik-baik Sahabat ialah orang yang tidak pernah berubah, meskipun zaman terus berubah

Sebaik-baik Sahabat ialah orang yang tidak pernah berubah, meskipun zaman terus berubah. Sebuah persahabatan yang dilandasi lillah (karena Allah), takkan kandas hanya karena kepentingan dunia. Ia akan senantiasa ada ketika motivasi utamanya adalah karena Allah SWT.

  • Persahabatan tidak dikukur dari banyaknya harta, tapi seberapa lama bisa bertahan dalam suka maupun duka

Persahabatan tidak diukur dari banyaknya harta, tapi seberapa lama bisa bertahan dalam suka maupun duka. Jika bersahabat karena harta, maka akan kandas ketika harta itu tiada. Jika bersahabat hanya dalam suka, maka persahabatan akan kandas pula jika duka melanda.

  • Lebih baik tersindir ketika diingatkan, daripada tidak merasakan apa-apa ketika diingatkan

Lebih baik tersindir ketika diingatkan, daripada tidak merasakan apa-apa ketika diingatkan. Ketika ada yang mengingatkan, dan kita merasakan adanya sindiran bagi sikap kita, itulah ciri bahwa hati kita masih sehat. Jika tidak, ini patut dipertanyakan. Mungkin jiwa sudah bebal, tak peka dengan nasihat dan saran dari teman.

  • Sahabat terbaik takkan selalu membenarkanmu, tetapi juga menunjukkkan kesalahanmu

Sahabat terbaik takkan selalu membenarkanmu, tetapi juga menunjukkkan kesalahanmu. Pola persahabatan yang baik adalah semua pihak yang menjalin persahabatan tersebut sama-sama memiliki semangat saling mengingatkan dan saling menguatkan. Saling mengingatkan, jika ada yang berbuat kesalahan. Saling menguatkan, jika sudah melakukan kebaikan.

  • Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri

Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri. Pada hakikatnya, persahabatan adalah mengkompromikan perbedaan untuk menuju tujuan bersama. Bukan sebaliknya, saling menonjolkan perbedaan dan semua ngotot dengan ego masing-masing. Persahabatan model begini takkan berlangsung lama.

  • Sahabat adalah dia yang tahu kekuranganmu, tapi menunjukkan kelebihanmu. Dia yang tahu ketakutanmu tapi menunjukkan keberanianmu.

Sahabat adalah dia yang tahu kekuranganmu, tapi menunjukkan kelebihanmu. Dia yang tahu ketakutanmu tapi menunjukkan keberanianmu.

  • Sahabat itu selalu punya cara untuk membuatmu bahagia dan membuatmu merasa lebih berharga di hatinya

Sahabat itu selalu punya cara untuk membuatmu bahagia dan membuatmu merasa lebih berharga di hatinya

  • Seburuk-buruknya manusia adalah orang yang meninggalkan sahabatnya demi sebuah hubungan baru yang lain

Seburuk-buruknya manusia adalah orang yang meninggalkan sahabatnya demi sebuah hubungan baru yang lain

  • Sahabat yang baik sulit untuk ditemukan, lebih sulit untuk ditinggalkan, dan tidak mungkin untuk dilupakan

Sahabat yang baik sulit untuk ditemukan, lebih sulit untuk ditinggalkan, dan tidak mungkin untuk dilupakan

  • Sahabat. Selalu bisa diandalkan di suatu keadaan. 

Sahabat. Selalu bisa diandalkan di suatu keadaan.

  • Satu sahabat yang memahami air matamu lebih berharga dari ribuan teman yang hanya memahami senyumanmu

Satu sahabat yang memahami air matamu lebih berharga dari ribuan teman yang hanya memahami senyumanmu

  • Jangan mengharap sahabat yang sempurna tapi bantulah sahabatmu menjadi orang yang lebih sempurna. Di situlah arti persahabatan yang sesungguhnya

Jangan mengharap sahabat yang sempurna tapi bantulah sahabatmu menjadi orang yang lebih sempurna. Di situlah arti persahabatan yang sesungguhnya

  • Sahabatku, segala sesuatu perkara itu akan ditentukan oleh niatnya. Jika niat kita baik maka hidup kita akan jadi lebih baik, walaupun segalanya tidak secepatnya, tetapi pasti. In sya Allah!


Sahabatku, segala sesuatu perkara itu akan ditentukan oleh niatnya. Jika niat kita baik maka hidup kita akan jadi lebih baik, walaupun segalanya tidak secepatnya, tetapi pasti. In sya Allah!

  • Sahabat itu dia yang paling bisa mendengarkan curhatan kita dan bisa memberi saran terbaiknya


Sahabat itu dia yang paling bisa mendengarkan curhatan kita dan bisa memberi saran terbaiknya

  • Sahabat itu, gak semuanya harus sama, cukup sama-sama saling mengerti, percaya, dan menghargai


Sahabat itu, gak semuanya harus sama, cukup sama-sama saling mengerti, percaya, dan menghargai

Demikianlah, semua akan terasa indah jika persahabatan antar dua atau banyak jiwa ini, berlandaskan karena Allah. Bersahabat karena Allah. In sya Allah pershabatan karena Allah, dilumuri semangat saling mengingatkan untuk selalu berada di jalan-Nya, saling menguatkan ketaatan kepada-Nya, adalah salah satu tiket mendapatkan keridhoan Allah dan surga-Nya.

Insya Allah!

Gambar illustrasi bersumber dari Pinterest