Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Website Sekolah Mudah Hanya 5 Menit Saja

Anda mungkin sudah memahami, apa keuntungan bagi sebuah sekolah dengan memiliki website (jika belum, silakan baca :Untung Rugi Memiliki Website atau Blog Sekolah). Banyak hal positif yang bisa didapatkan dengan memiliki website sekolah sendiri. Pertanyaannya, berapa sih harga sebuah website sekolah? (Sebagai gambaran bisa dibaca : Hitung-hitungan Biaya Membuat Website/Blog Sekolah).

Jika menurut asumsi kita bahwa membuat website sekolah itu mahal dan ribet dengan segala pernak-perniknya, ternyata tidak sepenuhnya benar. Dalam postingan sederhana ini, saya mencoba memberikan ulasan tentang membuat website sekolah dengan sangat mudah, membutuhkan waktu sekitar 5 menitan. Kok bisa? Baca selengkapnya artikel ini.

Fakta Pengguna Internet di Indonesia

Perkembangan dunia teknologi dan informasi sekarang ini secara tidak langsung sudah memberikan dampak dalam dunia pendidikan. Benarkah demikian? Oke, mari kita coba cermati beberapa fakta sebagai berikut. Menurut webmaker ini, Mengutip hasil riset lembaga lain, Valens mengatakan pengguna Internet di Indonesia pada 2011 mencapai 55 juta pengguna, pada 2010 sebanyak 42 juta pengguna, dan 2009 sebanyak 30 juta pengguna.

Pada 2013, menurut perkiraan APJII, pengguna Internet di Indonesia akan mencapai 82 juta atau 30 persen dari jumlah pengguna pada 2012, pada 2014 mencapai 107 juta, dan pada 2015 mencapai 139 juta. Survei APJII itu menunjukkan penduduk berusia berusia 12 – 34 tahun mendominasi pengguna Internet di Indonesia dengan porsi 64,2 persen. Sedangkan kelompok pengguna berusia 20-24 tahun mencapai 15,1 persen dari total pengguna.

Fakta-fakta di atas mungkin terlihat tidak ada hubungannya sama sekali dengan pendidikan atau sekolah, namun coba Anda cermati bahwa usia pengguna internet adalah usia 12-34 tahun yang secara tidak langsung adalah usia pendidikan. Pemanfaatan internet yang bisa di implementasikan dalam website sekolah akan jauh lebih bermanfaat dalam proses pembelajaran dan penyampaian informasi.

Ya, Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh jika sekolah memiliki website ! Tapi untuk membuat sebuah website bukanlah pekerjaan yang mudah. Anda harus memiliki kemampuan dalam bidang web desain dan programming.


Atau, Anda mungkin bisa menggunakan jasa desainer website untuk membuatnya, tapi biayanya mahal. Atau, Anda mungkin punya kemampuan membuat website dengan menggunakan layanan CMS. Tapi, Anda bingung mulai dari mana, dan bagaimana mengisinya sampai website Anda benar-benar jadi.

Karena membuat website menggunakan layanan CMS hanya akan diberikan website kosong tanpa isinya.

Solusinya?

Sekarang saya perkenalkan sebuah layanan yang memungkinkan kita bisa membuat dan meng-online-kan website sekolah dengan sangat mudah, membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja. Layanan dimaksud adalah mysch.id.

Menurut website resmi mereka, Mysch.id adalah situs yang menyedikan layanan pembuatan website sekolah secara instan. Di sini, Anda dapat membuat website sendiri tanpa memerlukan keahlian di bidang web desain dan programming. Yang Anda lakukan adalah mengisi pada formulir yang tersedia, memilih tema desain, kemudian dalam waktu kurang dari 1 menit, website sekolah Anda langsung online.

Anda bisa mulai membuat website dengan menggunakan domain gratis .mysch.id (contoh : satman.mysch.id). Namun jika menginginkan, Anda bisa menggunakan domain (.sch.id) yang merupakan top domain resmi khusus untuk sekolah di Indonesia.

Lalu apa yang membedakan Mysch.id dengan layanan CMS lain? 

Tampilan halaman login Mysch.id

Yang paling membedakan adalah, website sekolah yang Anda buat di sistem mysch.id benar-benar sudah jadi, sudah terisi kontennya, dengan tema desain yang profesional, dan website Anda langsung online. Memang konten websitenya masih belum sesuai dengan profil sekolah Anda, tapi paling tidak, Anda sudah memiliki gambaran isi sebuah website sekolah yang profesional. Mungkin juga desain websitenya belum sesuai dengan brand identity sekolah Anda, namun Anda bisa mengganti semuanya baik logo, favicon, slideshow, serta tema desain yang cocok dengan karakter sekolah Anda. Kami memiliki puluhan tema desain yang bisa diganti sesuai selera Anda.

Selain hal di atas, ada sejumlah alasan bagi Anda untuk mencoba layanan mysch.id, antara lain :
  • Sangat Mudah
Tidak perlu ahli dalam desain dan program website. Yang Anda perlukan hanya memasukkan data-data pada form yang tersedia dan memilih tema desain sesuai selera Anda
  • Sangat Cepat
Menggunakan jasa desainer website membutuhkan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Di Mysch.id, kurang dari 1 menit, website Anda langsung jadi, langsung online.
  • Langsung Jadi
Bingung harus lanjut apa ketika pakai CMS karena isinya kosong? Di mysch.id, website sekolah langsung jadi lengkap dengan isinya. Anda hanya perlu mengubah sesuai profil Anda.
  • Domain Gratis
Anda tidak perlu mengeluarkan biaya jutaan rupiah untuk membuat website sekolah. Anda bisa memulai dengan biaya nol rupiah alias gratis, dengan menggunakan domain .mysch.id.
  • Top Domain
Anda juga dapat menggunakan domain resmi khusus sekolah (SCH.ID). Menggunakan domain resmi akan meningkatkan kepercayaan dan profesionalisme sekolah Anda.
  • Biaya Terjangkau
Menggunakan domain resmi (.SCH.ID) dengan fitur komplit, tidak perlu khawatir karena biayanya sangat terjangkau, dan kami sesuaikan dengan kemampuan rata-rata sekolah.
  • Fitur Komplit
Anda tidak perlu pusing lagi karena membuat website sekolah di mysch.id sudah termasuk sewa domain, sewa hosting, serta biaya software CMS yang kami kembangkan sendiri.
  • Desain Profesional
Tema desain website sekolah mysch.id, kami dikembangkan oleh desainer-desainer terbaik, sehingga menghasilkan tampilan website yang sangat simple, elegan, dan berkelas.
  • CMS Bahasa Indonesia
CMS kami dibuat oleh programmer lokal, sehingga menghasilkan CMS berbahasa Indonesia yang mudah digunakan. Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam pengelolaannya.
  • Server Powerfull
mysch.id memiliki server yang cepat dan handal. Server mysch.id terkoneksi dengan 122 internet data center yang tersebar di berbagai belahan benua.
  • Mobile Responsive
Website yang kami buat sudah mendukung responsive mobile, sehingga tampilan website akan menyesuaikan secara otomatis ketika di akses di smartphone, tablet, pc, dsb.
  • Teknologi Terkini
Kami menggunakan teknologi terbaru dalam membuat dan mengembangkan layanan mysch.id. Seperti HTML Versi 5, CSS Versi 3, PHP Versi 7, dan teknologi terbaru lainnya.

Berapa biaya pembuatan website sekolah dengan mysch.id?

Ada 2 skema : GRATIS dan BERBAYAR.
Yang gratis, kita tetap bisa membuat website, mengisinya dengan konten artikel dan gambar, mengunggah logo sekolah, namun sangat terbatas. Untuk artikel saja dibatasi maksimal 30 artikel.

Sedangkan yang berbayar, rinciannya sebagai berikut :

Paket Basic 

Anda dapat membuat website sekolah dengan domain resmi sch.id

DOMAIN DAN EMAIL

Domain Resmi .sch.id
Akun Email @namadomain.sch.id

FITUR STANDAR

Akses Admin Panel (CMS)
Customisasi Tampilan
Mobile Version
Unlimited Menu
Unlimited Berita
Unlimited Foto
Unlimited Tema Desain
Garansi Error
FITUR AKADEMIK

Kalender Akademik
Jadwal Ujian
Silabus
Download Materi

FITUR DATA

Data Guru & Staff
Data Alumni
Data Siswa

LAIN-LAIN

Buku Panduan
Konsultasi Gratis
Tidak Ada Iklan Dari Mysch.id
Pembayaran 330.000,-/6 bulan

Paket Profesional

Anda dapat membuat website sekolah dengan domain resmi sch.id

DOMAIN DAN EMAIL

Domain Resmi .sch.id
Akun Email @namadomain.sch.id

FITUR STANDAR

Akses Admin Panel (CMS)
Customisasi Tampilan
Mobile Version
Unlimited Menu
Unlimited Berita
Unlimited Foto
Unlimited Tema Desain
Garansi Error

FITUR AKADEMIK

Kalender Akademik
Jadwal Ujian
Silabus
Download Materi

FITUR DATA

Data Guru & Staff
Data Alumni
Data Siswa

LAIN-LAIN

Buku Panduan
Konsultasi Gratis
Tidak Ada Iklan Dari Mysch.id

Pembayaran 550.000,-/ 6 bulan

Bagaimana memulai membuat website sekolah dengan Mysch.id?

1. Buka alamat https://buat.mysch.id/
2. Pilih paket (Gratis, Basic, atau Profesional)
3. Ketikan nama sekolah di kolom yang tersedia (misal: smpn1mande.mysch.id)
4. Cek ketersediaan alamat subdomain tersebut. Jika masih tersedia, tinggal kita ikuti langkah-langkah yang ada (misal mengupload logo sekolah, membuat kata sambutan kepala sekolah, menulis berita, dll)
5. Jika sudah siap, saatnya Anda menayangkan website sekolah anda.

Selamat mencoba, jika ada pertanyaan, silakan kirim ke denikurniaweb@gmail.com

Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, dan Seorang Pembelajar