Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untung Rugi Memiliki Website atau Blog Sekolah

Secara bebas, website/blog sekolah diartikan sebagai media daring (online) yang dimiliki dan dikelola sebuah institusi sekolah untuk kepentingan publikasi segala yang berkaitan dengan sekolah tersebut.

Untuk publikasi, selain melalui website/blog, juga bisa melalui media sosial. Namun tentu memiliki banyak keterbatasan dibanding melalui website/blog.

Banyak sekolah yang mengupayakan bisa memiliki website/blog. Bahkan ada yang berani mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli website yang sudah jadi, yang dibuat oleh perusahaan ataupun perorangan yang memang expert dalam pembuatan website/blog sekolah.

Namun tak sedikit pula sekolah yang membuat sendiri website/blog, karena tersedia SDM yang ahli dalam membuatnya.

Apa tujuan membuat website/blog sekolah?
Amadsoleh.com

Jika sekolah Anda belum memiliki website sekolah, kemudian bermaksud membuatnya, baik oleh sendiri maupun membayar ahlinya, dalam benak Anda mungkin memiliki sejumlah tujuan dari keberadaan website/blog itu :
1. Gengsi sekolah 
2. Unjuk eksistensi sekolah
3. Media informasi sekolah 
4. Penunjang pembelajaran siswa

Jika tujuan Anda memiliki website untuk menaikan gengsi sekolah, maka itu sah-sah saja. Di era digital, orang mencari informasi sekolah lebih banyak dari internet, dan pintu gerbangnya adalah website sekolah. Jika terkelola dengan baik, citra sekolah akan meningkat karena keberadaan website tersebut.

Tujuan kedua, sarana unjuk eksistensi sekolah. Website/blog merupakan representasi sebuah sekolah. Kebenaran informasi, konten yang menarik, penataan yang optimal, website sekolah akan menjadi representasi efektif dari institusi tersebut.

Website sekolah menjadi media informasi bagi masyarakat tentang seluk-beluk sebuah sekolah. Semakin lengkap informasi, semakin efektif pesan keberadaan sekolah tersampaikan kepada khalayak.

Tujuan lainnya dari website/blog sekolah yang tak kalah penting adalah menjadikannya sebagai penunjang pembelajaran. Guru dan siswa bisa melakukan pembelajaran online melalui web. Tugas-tugas maupun materi pelajaran bisa diakses melalui web sekolah tersebut.

Dari paparan di atas, apa untung ruginya memiliki website/blog sekolah?

Keuntungannya jelas, dengan memiliki dan mengelola website atau blog sekolah, akan memiliki keuntungan baik secara materiil maupun non materiil. 

Secara non materil, sekolah akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti yang tadi dibahas, antara lain :

1. Gengsi sekolah akan meningkat 
2. Unjuk eksistensi sekolah
3. Media informasi sekolah 
4. Penunjang pembelajaran siswa

Keuntungan secara materil, website/blog sekolah yang memenuhi syarat, bisa dimonetisasi (diuangkan), salah satunya dengan program Google Adsense.

Namun, tahukah Anda bahwa dengan memiliki web/blog, sekolah akan mendapatkan efek buruk, jika :

1) Tampilan tidak profesional, acak-acakan, dan tidak teratur 

2) Manajemen konten tidak terkelola dengan baik. Misal, blog jarang di-update, atau artikel/konten kurang memenuhi syarat penulisan.

3) Blog/website berat loading-nya.
4) dan lain-lain.

Jadi, siapkah Anda untuk memulai mengelola website/blog sekolah?