Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekreasi Seru di Pemandian Air Panas Sari Ater dan Ciater Adventure Subang

Apa yang Anda pikirkan ketika dikatakan sebuah nama tempat yaitu Ciater? Jawabannya kemungkinan besar adalah pemandian air panas alami. 

Memang, Ciater, sebuah wilayah di Kabupaten Subang Jawa Barat ini identik sekali dengan pemandian air panas alami. 

Wilayah yang merupakan suku gunung Tangkubanparahu ini menyediakan aneka fasilitas yang berhubungan dengan air panas alami, yang utama tentu fasilitas pemandian. Sumber air panas yang mengandung belerang (sulfur) ini sendiri berasal dari kawah gunung Tangkuban Parahu Lembang.

Pengelolaan pemandian air panas di Ciater dikelola oleh PT. Sari Ater. Selain fasilitas pemandian air panas, obyek wisata ini juga diperkaya dengan aneka wahana lainnya.


Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Sari Ater dan Ciater Adventure 

Jika Anda memutuskan untuk berlibur dan menikmati pemandian air panas alami, mengajak anak berseluncur di waterpark, bergelantungan di flying fox, berkuda, berlatih panahan, atau berpetualang dengan aneka petualangan adventure menantang, Sari Ater Subang sepertinya ideal untuk tujuan ini. 

Di tempat ini ada beberapa fasilitas hiburan yang bisa Anda dan keluarga nikmati, dengan harga yang cukup terjangkau.

Beberapa fasilitas di Wahana Rekreasi Sari Ater Subang Jawa Barat


1) Kolam Rendam Air Panas Alami, untuk yang terbuka tiket masuknya Rp 35 ribu per orang, sedangkan kolam yang tertutup ada harga tambahan yang harus dibayarkan. Satu kolam ada yang muat 120-130 orang.

2) Flying Fox
Tiket tambahan selain pada poin no 1 di atas, untuk menikmati wahana ini sebesar Rp 70 ribu. Flying fox di Ciater sepanjang kurang lebih 30 meter.

3) Panahan 
Anda ingin mencoba memanah? Di Sari Ater tersedia fasilitasnya. Anda tinggal mengeluarkan dana tambahan sebesar Rp 20 ribu, sudah bisa berlatih memanah.

4) Kolam Luncur 
Untuk menikmati wahana ini, Anda tinggal membayar tiket sebesar Rp 30 ribu per orang.

5) Sari Ater Waterpark 
Ingin melengkapi rekreasi di tempat ini, Anda dan keluarga bisa mencoba Sari Ater Waterpark. Tata letak dan pemeliharaan yang optimal, menambah kenyamanan wahana ini.

6) Ciater Adventure 
Wahana ini terpisah lokasinya dari Sari Ater, walau masih sama managemen nya. Di Ciater Adventure terdapat aneka petualangan, antara lain : 
- ATV ( Auto Train Vehicle), harga tiket Rp 75 ribu ( jarak 1 km), dan Rp 150 ribu (jarak 2,7 km).
- Off road car
- dan lain -lain

Catatan khusus bagi yang berendam di kolam pemandian air panas Sari Ater:

Air panas alam yang terdapat di Ciater ini bukan air panas biasa, di samping mengandung berbagai mineral alami, juga memiliki panas hingga 42 derajat Celcius, serta tingkat keasaman PH 2,45.

Karakter air seperti itu tidak mudah diterima oleh mereka dengan kondisi tubuh seperti berikut ini :
- Lanjut Usia
- Pengidap kelainan jantung
- Diabetes 
- Pasca stroke 
- TBC
- Atshma 
- Darah tinggi
- Hamil 

Adapun ketentuan-ketentuan yang mesti dipenuhi oleh pengunjung yang bermaksud berendam di air panas Ciater ini, sebagai berikut :

1) Tidak berendam/ berada di kolam terus menerus lebih dari 10 menit berkelanjutan
 
2) Bangkit, tiriskan tubuh , dengan cara keluar dari kolam, dan tetap berada di luar kolam selama 3-5 menit. Lebih baik membilas tubuh dengan air dingin.

3) Untuk menjaga agar fungsi tubuh tidak menjadi lelah dan lemas serta tidak berdampak kurang baik terhadap fungsi tubuh, maka kegiatan berendam air panas tidak lebih dari 2 jam.

4) Di kolam rendam ini tidak tersedia penjaga kolam (pool guard), sehingga pengunjung diharapkan menjaga keselamatan dirinya.

Nah cukup jelas kan ketentuan yang harus ditaati ketika Anda memutuskan untuk berlibur dengan berendam di air panas alami Sari Ater. Semua demi kenyamanan dan keamanan.

Jadi, untuk masuk ke kawasan wisata Sari Ater Subang ini, Anda harus mengeluarkan dana sebesar :
1. Biaya parkir mibil Rp 30.000
2. Biaya kartu karcis Rp 15.000
3. Biaya masuk Rp 35.000 per orang 

Oleh-oleh....
Selesai rekreasi di Sari Ater atau juga di Ciater Adventure, saatnya membeli oleh-oleh khas Subang dan Lembang.

Macamnya ada banyak, antara lain:
1. Nanas Subang, harganya kisaran 20ribu-50 rb
2. Bubuy Hayam, kisaran 50 rb ke atas 
3. Bolu Susu Lembang, kisaran 35 ribu per dus.

Demikian informasi sederhana tentang wahana wisata pemandian air panas yang berada di Ciater Subang ini. Semoga bermanfaat.
Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, dan Seorang Pembelajar