-->

4+ Doa Agar Dimudahkan Melunasi Hutang

Gambar dari islamituindah.us

Satu kata yang pernah dialami (mungkin) oleh hampir seluruh manusia adalah HUTANG. Menurut KBBI, hutang adalah uang yang dipinjam dari orang lain, atau kewajiban membayar kembali apa yang sudah diterima. Hampir semua orang pernah melaksanakan transaksi hutang, baik uang maupun barang, baik sedikit maupun banyak.

Kondisi seseorang berhutang, biasanya disebabkan karena kebutuhan yang mendesak untuk mencukupi hajat hidupnya yang primer maupun sekunder, di mana sumber daya pada dirinya kurang sehingga memerlukan tambahan dari orang lain. Dalam Islam, tentu transaksi hutang piutang ini diatur sedemikian rupa sehingga tak ada pihak yang terzalimi.

Doa Agar Dimudahkan Melunasi Hutang

Ada banyak "fasilitas" yang Allah dan Rasul-Nya berikan kepada umat ini untuk menyelesaikan segala kesulitan hidupnya, termasuk kesulitan melunasi hutang. Salah satu "fasilitas" tersebut adalah DOA. Rasulullah SAW mengajarkan beberapa doa agar dimudahkan melunasi hutang.

Di antara doa pelunas hutang yang diajarkan Rasulullah SAW adalah:

Doa Pelunas Hutang #1

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ 

"Allahumma inni a'udzu bika minal hammi wal hazani wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzu bika minal jubni wal bukhli wa a'udzu bika min ghalabatid daini waqahrir rijal." 

(Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir. Aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia).  

Doa ini ada dalam Dzikir Al-Ma'tsurat, berhubungan dengan sebuah kisah Abu Umamah, salah seorang sahabat Anshar. Waktu itu dia  duduk sambil melamun di masjid di luar waktu shalat dengan tatapan mata yang hampa. Lalu, Rasulullah SAW masuk ke dalam masjid dan menghampiri Abu Umamah.  

Rasulullah bertanya, "Wahai Abu Umamah, aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat, apa yang terjadi denganmu?" Abu Umamah menjawab, "Ya Rasulullah, saat ini aku dalam kesulitan membayar utang." 

Rasulullah berkata, "Aku akan mengajarkanmu beberapa perkataan positif, jika engkau mengucapkannya, mudah-mudahan Allah SWT akan menghilangkan segala kesulitanmu dan melunasi utang-utangmu. Bacalah doa ini (doa yang tadi) pada pagi dan sore hari." 

Menurut pengakuan Abu Umamah RA, setelah ia mengamalkan dan membaca doa yang diajarkan Nabi tersebut, Allah menghilangkan kebingungan, kesedihan, kelemahan, kemalasan, ketakutan, dan utang-utangnya dapat dilunasi. (HR Abu Daud).

Doa Pelunas Hutang #2

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرُ

 "Hasbunallah wani'mal-wakil, ni'mal-mawla, wani'man-nashir." (Cukuplah Allah tempat berserah diri bagi kami, sebaik-baik pelindung kami, dan sebaik-baik penolong kami).

Sebagaimana terdapat dalam hadits bahwa ketika seseorang datang menghampiri Nabi lalu berkata, "Rasulullah, sesungguhnya orang-orang non-Muslim telah mengumpulkan pasukan untuk menyerangmu, maka takutlah kepada mereka. Kemudian, Nabi SAW mengucapkan, 'Hasbunallah wani'mal-wakil.'"

Setelah kejadian ini, Allah menurunkan surah Ali Imran (3) ayat 173: 

اَلَّذِيْنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوْا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ اِيْمَانًا ۖ وَّقَالُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

 "Ketika seseorang berkata kepada Rasulullah, orang-orang Quraisy telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka, ternyata ucapan itu justru menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, 'Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung.'" (HR Bukhari).

Doa Pelunas Hutang #3

Doa ini berdasar hadis riwayat Tirmidi nomor 3563, dari 'Ali, ada seorang budak mukatab yang mendatanginya, ia berkata, "Aku tidak mampu melunasi untuk memerdekakan diriku."

Ali r.a pun berkata, "Maukah kuberitahukan padamu beberapa kalimat yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengajarkannya padaku yaitu seandainya engkau memiliki hutang sebesar gunung, maka Allah akan memudahkanmu untuk melunasinya. Ucapkanlah doa

 اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika 'an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika 'amman siwaak.

(Ya Allah cukupkan lah aku dengan yang halal dan jauhkan lah aku dari yang haram, dan cukupkan lah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.)

Doa Pelunas Hutang #4

Doa ini berdasar hadis riwayat Muslim nomor 2713, telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata, "Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan,

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma robbas-samaawaatis sab'i wa robbal 'arsyil 'azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A'udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba'daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi 'annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

(Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai 'Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur'an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah hutang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.)

Syarat Berdoa

Tentunya di dalam berdoa, termasuk berdoa agar dimudahkan melunasi hutang, ada beberapa hal yang mesti ada dalam prakteknya, di antaranya:

1. Penuh keyakinan kepada Allah bahwa hanya Allah-lah yang berhak mengabulkan doa kita
2. Tawakkal, menggantungkan semua harap kepada Allah Ta'ala
3. Yakin, apapun yang dikehendaki Allah, adalah yang terbaik bagi kita.
4. Dalam keadaan suci, di tempat suci, dan bersikap harap (roja') dan takut (khauf), serta penuh kerendah dirian di hadapan Allah

Demikian paparan singkat mengenai doa agar dimudahkan melunasi hutang atau doa pelunas hutang, semoga kita dapat mengamalkannya, dan yang jelas, semoga Allah Ta'ala menguatkan kita untuk sebisa mungkin tidak berhutang, apalagi yang didapat dengan melanggar larangan Allah, yakni RIBA.

Referensi:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel