-->

5 Ide Memanfaatkan Galon Air Minum Bekas Menjadi Barang yang Berguna

5 Ide Memanfaatkan Galon Air Minum Bekas Menjadi Barang yang Berguna - Melihat persaingan bisnis air minum dalam kemasan, sepertinya sekarang dominasi Aqua mampu digeser oleh Le Mineralle, produk dari Mayora. termasuk air yang dikemas dalam bentuk galon. Le Minerale meluncurkan produk galon air mineral. Bedanya dengan galon Aqua, Le Minerale tidak diisi ulang, penjualan air plus galonnya. Sedangkan Aqua, diisi ulang.

Permasalahannya adalah, ketika kita membeli galon Le Minerale, makin lama makin menumpuk, mau dibuat apa galon tersebut. Opsi yang paling mudah ya dijual kepada pengepul rongsokan. Tapi jika sedikit kreatif, galon bekas tersebut bisa dibuat menjadi barang yang berguna kembali.

Berikut ini ada beberapa ide untuk memanfaatkan galon kosong Le Mineralle dan galon bekas merk lainnya, yang bisa kita lakukan agar galon bekas tersebut "usefull" kembali. 

1. Galon bekas dijadikan Kursi Artistik


Galon bekas air minum yang digunakan bisa galon merek apa saja. Seperti yang diliput oleh Kompas TV, ada ide kreatif galon bekas bisa disulap menjadi kursi yang artistik. Kita hanya menambahkan besi-besi penyangga, yang ukurannya disesuaikan dengan tinggi dan lebar galon. Hanya dengan menambahkan "modal", kita sudah bisa mendapatkan kursi keren dari galon air minum bekas.

2. Galon Bekas dijadikan Akuarium Cantik


Ide kedua, galon bekas Le minerale, Aqua, dan lain sebagainya, dijadikan akuarium yang cantik menawan. Bahan-bahan yang harus ada adalah wadah penyangga bawah, assesoris akuarium bagian dalam, batu-batu warna-warni, juga aerator. Pembuatannya pun cukup mudah. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, galon bekas yang sudah "tak berguna", kini berubah menjadi akuarium mini nan indah, cocok disimpan di sudut rumah.

3. Galon Bekas Dijadikan Pot Tanaman Sayuran

Ide ketiga yang layak dicoba untuk memanfaatkan galon air minum bekas adalah dengan dijadikannya pot tanaman sayuran. Semua merk dan jenis galon cocok untuk ini. Prosesnya pun cukup mudah. Bagian yang akan dijadikan atasnya, dibelah sedemikian rupa yang nantinya diberi media tanam (tanah), sedangkan bagian bawahnya dibuat persegi, agar galon tidak menggelinding. Pot dari galon bekas ini bisa ditanami sayuran.

4. Galon Bekas Dijadikan Pot Bunga yang Menawan


Ide berikutnya pemanfaatan galon bekas ini adalah dijadikan pot bunga. Galon bekas dipotong sesuai ukuran yang dikehendaki, dan bagian bawahnya bisa dijadikan pot bunga. Agar lebih estetik, bagian atas dari pot bunga ini dibentuk sedemikian rupa dan diwarnai.

5. Galon bekas Menjadi Wastafel dan Tempat Wudhu



Galon bekas dijadikan wastafel dan tempat wudhu, ide ini kreasi Siswa SMK Darul Muqomah Kecamatan Gumukmas, Jember. Mereka berhasil menciptakan tempat cuci tangan dan tempat wudhu otomatis dari galon bekas dan selang bekas. Layaknya wastafel di pusat perbelanjaan modern, tempat cuci tangan ini bisa digunakan tanpa menyentuh atau memutar keran. Pengguna cukup mendekatkan tangan ke bibir keran, maka air akan mengucur otomatis. Cara pembuatannya bisa dilihat DI SINI.

Tentu masih banyak ide lainnya untuk memanfaatkan galon air minum bekas alias yang sudah tak terpakai, diubah dijadikan barang yang kembali berguna. Kreativitas diperlukan untuk membuat kreasi-kreasi baru dari barang yang sudah tak dimanfaatkan. 

Ide-ide ini layak Anda coba. Caranya gampang kan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel