Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Cara Mudah Mengetahui Umur Website/Blog Orang Lain



Manfaat dan Cara Mudah Mengetahui Umur Website/Blog Orang Lain
- Sebagai pengelola blog tentu menginginkan blog yang kita kelola, berkembang pesat dari segi kualitas artikel dan jumlah pengunjung. Untuk mencapai hal ini, tiada kata lain selain terus belajar, salah satunya dengan melihat dan menganalisa blog milik orang lain yang sudah maju. Satu hal yang sepele tapi penting adalah mengetahui umur blog yang sudah berkembang. 

Apa pentingnya mengetahui umur sebuah blog? 

Setidaknya ada dua hal positif dari mengetahui umur blog milik orang lain, yaitu:


1. Menumbuhkan kesadaran

Kesadaran bahwa blogging atau ngeblog itu adalah serangkaian proses panjang yang harus dijalani dengan keuletan dan semangat pantang menyerah. Kalau kita meneliti, blog/Website yang sudah berkembang dan maju, rata-rata sudah berumur lama, bukan dadakan. 

Blogging membutuhkan komitmen kepada diri untuk meluangkan waktu, dan membutuhkan konsistensi dalam mengelolanya. Baik itu dalam hal membuat konten maupun dari segi SEO. 

Blogging pun membutuhkan ketahanan mental dan fikiran. Istilahnya berani berlelah-lelah dalam menjalani prosesnya. 

Sekali lagi, blog yang sudah maju biasanya blog yang sudah berumur lama. Misal, sebuah blog sudah berumur 7 tahun. Kita bayangkan, jika si empunya Blog, tak memiliki konsistensi dan komitmen, pasti dia sudah menyerah di tahun pertama Karena pengunjung tak kunjung melimpah.
 

2. Menumbuhkan keyakinan

Keyakinan apa? Keyakinan bahwa jika dijalani dengan sepenuh hati, kita pun akan memperoleh kesuksesan dalam blogging, seperti blogger-blogger lainnya. 

Dengan mengetahui umur blog orang lain yang sudah maju, kita pun akan terpacu. Dalam rentang waktu sekian tahun, mereka menjalani blogging dengan penuh komitmen dan konsisten, dan akhirnya mencapai kesuksesan tertentu. Jika kita berlaku sama, insya Allah akan mencapai kesuksesan serupa. 

Itu tadi dua manfaat kita berusaha mengetahui umur blog seseorang. Sekarang kita bahas, bagaimana cara mudah mengecek usia sebuah blog. 


Cara Mudah Mengecek Usia Sebuah Blog

Sebenarnya di Internet bertebaran tool-tool yang dipergunakan untuk membedah sebuah blog/website. Mulai dari mengecek tanggal dibuatnya, siapa pemiliknya, berapa perkiraan pengunjungnya, perkiraan berapa penghasilan blog itu, bagaimana kualitas SEO nya, dan lain sebagainya. 

Kita sekarang fokus untuk mengetahui secara tepat umur sebuah blog, kapan dibuat dan sudah berapa lama tayang. 

Tool yang digunakan adalah layanan dari domaintools

1. Klik url https://whois.domaintools.com

2. Di bar, ketikan alamat URL Blog yang ingin kita ketahui usianya, lengkap dengan https:// 

3. Verifikasi CAPTCHA

4. Terbuka lah segala hal tentang Blog tersebut

Itulah beberapa manfaat mengetahui usia sebuah blog dan cara untuk mengeceknya. Walau sederhana, semoga bermanfaat. 

Happy blogging! 

Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, Penikmat Sastra. Selebihnya hanya seorang pembelajar