-->

Membuat Soal Ulangan Google Form Bergaya CHATTING, Begini Caranya!


Bagi guru, Google Form (Google Formulir) sudah tak asing lagi. Dalam membuat soal ulangan (penilaian), aplikasi besutan Google ini dijadikan andalan. Juga bagi siswa, mengisi soal-soal ulangan menggunakan Google Form, terasa mudah, nyaman, dan tak begitu menyedot kuota. Benarkan?

Tapi bagi bapak ibu guru yang ingin mencoba sesuatu yang baru dalam pengalaman membuat soal, dan bagi siswa dalam menjawab soal, boleh dicoba Mengisi Soal Ulangan Google Form Bergaya CHATTING. Gaya chatting? Iya Gaya CHATTING. Layaknya kita ber-chat ria dengan teman atau sahabat, dengan tampilan interaktif, begitu juga dengan mengisi soal ulangan ini.

Ada dua keuntungan dari menggunakan aplikasi chatting dalam mengisi soal. 

Pertama, bagi guru. Guru hanya membuat soal seperti biasa di Google Form. Lalu di-convert ke dalam aplikasi chat. Semuanya mudah dan tak lama, sekitar 5 menitlah untuk mengkonversi soal di Google Form ke dalam aplikasi chat.

Bagi siswa, mereka mengisi soal lebih enjoy karena serasa chattingan.

Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Baik, bapak ibu guru yang saya hormati, ada 6 langkah membuat soal ulangan Google Form menjadi chat.

1. Seperti biasa, buka Google Formulir. Buat soal dengan jumlah yang sesuai perencanaan. Atur sedemikian rupa sebagaimana bapak ibu melakukannya.

2. Di drive, pilih File Formulir yang akan kita jadikan chat. Klik kanan, pilih "Dapatkan Link". Lalu atur agar semua bisa mengakses. Copy link.






3. Buka chat-forms.com. Lalu paste link tadi di kotak yang disediakan. Lalu "Create Form". Pilih Bahasa Indonesia, lalu "Next".


4. Tunggu beberapa menit, dan kalau sukses akan muncul seperti gambar berikut. Lalu Open Chat atau Edit.


5. Kerennya, link chat ini bisa dipasang di medsos bapak ibu atau pun di blog. Caranya: Klik garis tiga di kiri atas, pilih Bagikan.


6. Mangga link-nya bisa dipasang di medsos, ataupun dibagikan langsung kepada para siswa. 

Demikian cara membuat soal ulangan Google form menjadi seperti Chatting, insya Allah mudah dan aman. Kenapa aman? Karena Aplikasi Chat-forms ini merupakan salah satu add on yang didukung Google untuk Google Form. 

Selamat berkreasi, jangan lupa INFOKAN kepada saya jika bapak ibu sudah berhasil membuatnya. Info bisa disampaikan melalui halaman KONTAK.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel