-->

Mengolah Nilai dengan Aplikasi Katrol Nilai Microsoft Excel, Mudah dan Sederhana!


Mengolah Nilai dengan Aplikasi Katrol Nilai Excel, Sederhana tapi Sangat Berguna - abufadli.com 

Bapak ibu yang berprofesi sebagai guru, tentu tidak asing dengan istilah "Katrol Nilai". Sebuah metode untuk menghasilkan nilai ideal dan adil dari nilai asli ulangan siswa, sehingga memenuhi KKM namun tidak merugikan siswa yang nilainya sudah besar.

Biasanya untuk membuat Katrol Nilai, kita membuat rentang nilai tertentu, untuk menjaring Semua nilai siswa yang beragam. Agak rumit memang cara ini, apalagi tidak ada standar baku mengenai lebar rentangnya. Semua tergantung preferensi guru itu sendiri.

Untuk memudahkan bapak ibu guru dalam mengolah Nilai dan mengkatrolnya, ada baiknya mencoba sebuah aplikasi (format) yang dibuat dengan Microsoft Excel. Format ini sangat sederhana, namun cukup membantu mempercepat kerja kita dalam mengolah Nilai siswa. 

Untuk menggunakan aplikasi katrol nilai ini, ada beberapa petunjuk bagibapak ibu guru, antara lain:

1. Isikan nama-nama siswa 
2. Isikan nilai asli, secara manual ataupun di-paste dari daftar nilai yang ada
3. Isikan nilai TERENDAH dan nilai TERTINGGI yang diharapkan, pada kolom HARAPAN AKHIR (hehe seperti kata-kata perpisahan)
4. Isikan pula NILAI ASLI terendah dan tertinggi
5. Jika nilai ASLI sudah dimasukkan, maka di kolom NILAI AKHIR akan otomatis muncul NILAI yang sudah dikatrol. Silakan Copy paste-kan ke daftar nilai yang sudah bapak ibu guru buat.

Bagi yang memerlukan aplikasi katrol nilai menggunakan Microsoft Excel, silakan UNDUH di sini!

Bagaimana bapak ibu guru, cukup mudah kan dalam mengoperasikannya? Walaupun sederhana, semoga bermanfaat, bisa memudahkan pekerjaan kita sebagai guru dalam mengolah nilai siswa. 

Akhirnya, abufadli.com mengucapkan SELAMAT MENYONGSONG IDUL FITRI 1442 H dan Happy Teaching!

Hampir lupa, aplikasi ini dibuat oleh adminbawean

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel