-->

Sikap Terbaik Ketika Kita Dibully agar Kita Beruntung


Pernah mendengar kata "bully"? Atau bahkan pernah mengalami bagaimana rasanya dibully? Apa itu bully atau bullying? Menurut Kompas, perundungan atau bullying adalah perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal, fisik, ataupun sosial di dunia nyata maupun dunia maya.

Bagaimana rasanya ketika tahu ada orang yang meng-ghibah (menggunjing) kita? Tentu ada rasa kesal, marah, sedih, atau bahkan ingin membalasnya. Rasa manapun yang timbul sebagai reaksi atas gunjingan itu wajar saja, karena memang kita manusia normal, yang memiliki hati dan jiwa. 

Gunjingan baik di dunia nyata maupun di dunia maya, adalah salah satu contoh perilaku "bullying".

Jika hal itu terjadi, maka apa sikap terbaik yang perlu kita ambil untuk menghadapi "bullying" tersebut, tanpa menimbulkan kerugian bagi kita? 

Islam mengatur semua itu. Ketika kita digunjingin, di-ghibahin, diomongin oleh orang lain, maka ada tuntunannya agar bukan kerugian yang didapatkan, melainkan keuntungan. Bagaimana caranya?

Coba baca ini deh, salah satunya:

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَيْءٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ الْيَوْمَ قَبْلَ أَنْ لَا يَكُونَ دِينَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْهِ
Siapa yang pernah berbuat aniaya (zhalim) terhadap kehormatan saudaranya atau sesuatu apapun hendaklah dia meminta kehalalannya (maaf) pada hari ini (di dunia) sebelum datang hari yang ketika itu tidak bermanfaat dinar dan dirham. Jika dia tidak lakukan, maka (nanti pada hari kiamat) bila dia memiliki amal shalih akan diambil darinya sebanyak kezholimannya. Apabila dia tidak memiliki kebaikan lagi maka keburukan saudaranya yang dizhaliminya itu akan diambil lalu ditimpakan kepadanya”. (HR. Al-Bukhari no. 2449)

Jadi ketika ada yang nge-bully bahkan memfitnah, pada hakikatnya kita sedng diberi jalan untuk mendapatkan kesempatan ke surga melalui jalan amal orang lain. Beruntungkan?

Selebihnya, silakan tonton video bagus berikut ini tentang sikap terbaik ketika kita dibully atau difitnah, sehingga kita tak mendapatkan kerugian bahkan keuntungan.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel