Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Apabila Tertimpa Hal yang Tidak Disenangi

Dalam kehidupan, tentu kita menghadapi aneka keadaan, ada yang menyenangkan ada juga yang tidak disenangi. Sikap terbaik adalah ridho dan siap menghadapinya. Sikap ridho yang ditunjukkan orang beriman adalah menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah Swt. Salah satunya dengan berdoa. 

Rasulullah Saw mengajarkan kepada kita Doa Ketika Tertimpa Sesuatu Yang Tidak Diinginkan, atau Doa Apabila Tertimpa Hal yang Tidak Disenangi, baik yang menimpa diri sendiri maupun orang lain. 

Dalam posting kali ini kita akan belajar tentang doa ketika tertimpa hal yang tidak disenangi dan Doa Pada Waktu Melihat Orang Yang Mengalami Cobaan, agar cobaan tersebut tidak menimpa kita. Selamat membaca dan mengamalkan.

Doa Apabila Tertimpa Hal yang Tidak Disenangi

Doa Apabila Tertimpa Hal yang Tidak Disenangi

۔ قدر الله وما شاء فعل

Qodarulloh wa masya-a fa'ala

"Allah sudah mentakdirkan segala sesuatu dan Dia berbuat sesuatu menurut apa yang Dia kehendaki." (Shahih: HR. Muslim (no. 1373).

Boleh juga diucapkan:

قدر الله وما شاء فعل

"Ini merupakan takdir Allah, dan Dia berbuat menurut apa yang Dia kehendaki."

Rasulullah bersabda: "Mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah. Namun masing masingnya memiliki kebaikan. Berusahalah meraih apa-apa yang bermanfaat bagimu serta mintalah pertolongan kepada Allah dan jangan bersikap lemah.

Jika kamu tertimpa satu musibah, janganlah berkata: "Seandainya aku berbuat begini dan begini, niscaya hasilnya akan lain. Akan tetapi katakanlah: "Allah sudah mentakdirkan segala sesuatu, dan Dia berbuat menurut apa yang dikehendaki-Nya. Sebab, mengandai-andai tersebut membuka pintu syaitan.” (HR. Muslim (no. 2664 [34]).

Doa Pada Waktu Melihat Orang Yang Mengalami Cobaan

Doa ini dibaca ketika melihat orang lain mendapat cobaan, dengan harapan semoga cobaan itu tidak menimpa kita. 

۔ الحمد لله الذي عافاني مما ابتلاك به وفضلين على كثير ممن خلق تفضيلا

"Segala puji bagi Allah yang menyelamatkan aku dari musibah yang Dia timpakan atasmu. Dan Allah telah memberi kemuliaan kepadaku melebihi orang banyak."

"Barangsiapa yang melihat orang lain yang tertimpa cobaan/ musibah, kemudian ia (yang melihat) mengucapkan (doa di atas),

Demikian posting sederhana mengenai Doa Apabila Tertimpa Hal yang Tidak Disenangi dan Doa Pada Waktu Melihat Orang Yang Mengalami Cobaan. Semoga bermanfaat. 

Deni Abu Fadli
Deni Abu Fadli Seorang pendidik di SMPN 1 Mande. IG dan YT: @kangdeni76