Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Baca, Kapasitas Penyimpanan Akun Belajar.id Dibatasi


Membuka email, ada sebuah pemberitahuan dari Google tentang pembatasan kapasitas penyimpanan akun di belajar.id, yang memang asalnya tak dibatasi. Penyimpanan di akun belajar.id, dibatasi maksimal 100 GB. Pembatasan ini mulai berlaku sejak 2 Januari 2023 kemarin.

Pembatasan penyimpanan di akun belajar.id ini tentu membawa beberapa implikasi. Satu di antaranya, kita mesti selektif file mana yang penting, yang yang akan disimpan.

Alasan Kapasitas akun belajar.id dibatasi

Ada beberapa alasan Kapasitas akun belajar.id dibatasi, yaitu :

1. Untuk mengutamakan keamanan data, kenyamanan pengguna, dan pengalaman akses yang lebih merata.

2. Mengacu pada Persesjen No. 20 Tahun 2022 terkait penggunaan media penyimpanan Akun belajar.id dalam batas wajar.

Maka, per 2 Januari 2023 dilakukan penyesuaian fasilitas Akun belajar.id milik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dengan ketentuan sebagai berikut:

a.  Kapasitas penyimpanan pada Akun belajar.id Anda akan menjadi 100GB (terbatas atau limited) mulai 2 Januari 2023 dan untuk besaran kapasitas tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan hasil evaluasi yang dilakukan secara berkala.

b.  Akun yang melampaui kapasitas penyimpanan sesuai ketentuan yang baru ini tidak akan kehilangan datanya. Namun, Akun tersebut tidak akan dapat menyimpan file baru di Google Drive atau menyimpan foto atau video baru di Google Foto, dan tidak dapat menerima email dengan Akun belajar.id.

c.  Untuk tetap dapat mengakses fitur Google Drive, Google Foto, dan fitur lainnya, perlu dilakukan pembersihan (cleansing) data, pencadangan (backup) data, dan/atau cara lainnya pada akun-akun yang melampaui ketentuan kapasitas yang baru ini.

Yang bisa dilakukan dengan pembatasan kapasitas akun belajar.id

Sehubungan dengan hal tersebut, Anda disarankan untuk segera melakukan langkah-langkah teknis sebagai mitigasi terhadap ketentuan kapasitas yang baru ini. Antara lain:

1. Agar tetap dapat menggunakan Akun belajar.id dan ruang penyimpanan Google Anda dengan lancar, pastikan agar penggunaan Google Drive Anda tidak melampaui batas serta mengetahui ketentuan data-data yang boleh disimpan pada ruang penyimpanan Google yang terdaftar atas Akun belajar.id.

2. Pada dasarnya, seluruh data yang bersifat mendukung atau bagian dari kegiatan pembelajaran dapat dan boleh disimpan. Namun, perlu diingat, selain data yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran, terutama data yang berkaitan dengan aktivitas ilegal, dilarang untuk disimpan di Akun belajar.id Anda. Contohnya: 

a.  Materi atau konten dari aktivitas ilegal, seperti video rekaman siaran langsung yang tidak berhubungan dengan aktivitas pembelajaran dan crypto mining.

b.  Materi atau konten yang tidak berhubungan dengan kegiatan pembelajaran, video pribadi, video CCTV (termasuk video CCTV sekolah).

c.  Materi atau konten kekerasan dan pornografi, baik video, audio, maupun gambar atau foto.

d. Materi atau konten yang melanggar hak cipta, seperti film, album musik, serial televisi, unduhan video YouTube, dan lainnya.

e. Materi yang sekiranya mengandung virus, malware, dan perangkat lunak yang berbahaya.

f.  Materi yang mengandung konten misinformasi.

Ketentuan dan Sanksi 

Selain itu, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait ketentuan data dan penyimpanan, antara lain:

1. Menyimpan materi dalam Google Drive melampaui batas kuota yang ditentukan mengakibatkan Akun belajar.id Anda tidak bisa mengirim dan menerima email (termasuk pengunggahan tugas atau lampiran dari Peserta Didik) serta Google Drive yang terdaftar tidak dapat menyimpan data (foto, dokumen, video, dsb) yang baru.

2. Menyimpan materi yang tidak diperbolehkan dalam Google Drive karena melanggar ketentuan penggunaan ruang penyimpanan Google, akan berdampak pada penghapusan data tersebut hingga penangguhan Akun belajar.id Anda tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sehingga Anda berpotensi kehilangan akses permanen ke satu atau beberapa produk layanan Google.

Agar penggunaan Google Drive dari Akun belajar.id Anda tidak melampaui batas kuota yang ditentukan ATAU jika penggunaan Anda memang sudah melampaui kuota, harap untuk melakukan penyortiran data yang tersimpan pada ruang penyimpanan tersebut atau melakukan pemindahan data ke media penyimpanan lain.

Sumber: DI SINI

Deni Abu Fadli
Deni Abu Fadli Seorang pendidik di SMPN 1 Mande. IG dan YT: @kangdeni76