Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakaian yang Paling Digemari Rasulullah - Hadits At-Tirmidzi

Pakaian apa yang paling digemari Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam? Bagaimana cara berpakaian baginda Rasulullah? Fokus pembahasan posting kali ini tentang pakaian yang paling digemari Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam. Semua berdasar hadits-hadits Imam At-Tirnidzi. 

Mengetahui Pakaian yang Paling Digemari Rasulullah, bagi saya adalah salah satu cara mengenal dan mencintai Rasulullah, melalui hadits-hadits yang diriwayatkan para imam hadits. 

Hadits-hadits Pakaian yang Paling Digemari Rasulullah 

Hadits 1

Dalam suatu riwayat yang bersumber dari Ummu Salamah r.a.¹) diungkapkan :


كان أحب الشباب إلى رسول اللہ ﷺ القميص .

"Pakaian yang paling disenangi Rasulullah saw. adalah Gamis."

(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Humaid ar-Razi, dari al-Fadhal bin Musa, diriwayatkan pula oleh Abu Tamilah dan Zaid bin Habab, ketiganya menerima dari 'Abdul Mu'min bin Khalid, dari Abdullah bin Buraidah, yang bersumber dari Ummu Salamah r.a.).

Catatan hadits 1

1). Ummu Salamah r.a. adalah Ummul Mu'minin Hindun binti Mughirah al-Makhzumiyah.
2). Gamis adalah kemeja yang diselubungkan ke badan berlengan dua dan berkantong, panjangnya sampai betis bagian bawah.
3). Hadits yang semakna dengan ini terdapat pula dalam Sunan Abu Daud, bab. "Pakaian", Hadits no. 4025. Juga terdapat dalam Sunan Nasai, dan dalam Sunan Tirmidzi dalam bab. "Pakaian", Hadits no. 1762.

Hadits 2

Diceritakan oleh Ummu Salamah r.a.:

كان أحب الثياب إلى رسول اللہ ﷺ القميص .

"Pakaian yang paling disenangi Rasulullah saw. adalah Gamis".

(Diriwayatkan oleh 'Ali bin Hujr, dari al-Fadhal bin Musa, dari Abdul Mu'min bin Khalid, dari 'Abdullah bin Buraidah, yang bersumber dari Ummu Salamah r.a.).

Hadits 3

Diceritakan pula oleh Ummu Salamah r.a.:

كان أحب التيـاب إلى رسول اللہ ﷺ لبس القميص .

"Pakaian yang paling disenangi oleh Rasulullah saw. adalah Gamis".

(Diriwayatkan oleh Ziad bin Ayub al-Baghdadi, dari Abu Tamilah, dari 'Abdul Mu'min bin Khalid, dari 'Abdullah bin Buraidah, dari ibunya, yang bersumber dari Ummu Salamah r.a.).

Hadits 4

Dalam suatu riwayat yang bersumber dari Asma' binti Yazid r.a. 1) dikemukakan:

كان كم قميص رسول اللہ ﷺ إلى الرسغ .

"Lengan baju Gamis Rasulullah saw. mencapai pergelangan tangannya", 2)

(Diriwayatkan oleh 'Abdullah bin Muhammad bin al-Hajjaj, dari Mu'adz bin Hisyam, dari ayahnya, dari Budail al-'Uqaili yakni Ibnu Maisarah, dari Syahr bin Hausyab, yang bersumber dari Asma' binti Yazid r.a.).

Catatan hadits 4

1). Asma' binti Yazid r.a adalah shahabat wanita dari golongan Anshar.
2). Hadits yang semakna dikeluarkan pula oleh Imam Abu Daud dalam Sunannya, bab "Pakaian", Hadits no. 4027, Sunan Tirmidzi, bab. "Pakaian", Hadits no. 1765, juga dalam Sunan Nasai.

Hadits 5

Dalam suatu riwayat yang bersumber dari Mu'awiyah bin Qurrah, yang ia terima dari ayahnya, dikemukakan sebagai berikut :
ikut :

أتيت رسول اللہ ﷺ في رهط من مزينة لنبايعه ، وإن قميصه لمطلق أو قال زر قميصه مطلق ، قال فأدخلت يدي في جيب قميصه فمسست الخاتم

"Aku bersama rombongan dari Muzainah mendatangi Rasulullah saw, untuk menyatakan bai'at kepadanya. (Pada waktu itu) baju Gamisnya terbuka". (Rawi ragu, apakah ia berkata: "Kancing baju Gamisnya terbuka").

Selanjutnya Qurrah berkata: 'Maka kumasukan tanganku melalui leher baju Gamisnya, kemudian kusentuh khatam kenabiannya".)

(Diriwayatkan oleh Abu 'Ammar yakni al-Husein bin Huraits, dari Abu Nu'aim, dari Zuhair, dari 'Urwah bin 'Abdullah bin Qusyair,dari Mu'awiyah bin Qurrah yang bersumber dari bapaknya).

Catatan hadits 5

Terdapat pula dalam Sunan Abu Daud, bab. "Pakaian", Hadits no. 4082. Dalam Sunan Ibnu Majah, bab "Pakaian", Hadits no. 3578.

Hadits 6

Anas bin Malik r.a. berceritera:

إن النبي ﷺ خرج وهويتكيء على أسامة بن زيد ، عليه ثوب قطري قد توشح به فصلی بهم .


"Sesungguhnya Nabi saw. keluar (dari rumahnya) dengan bertelekan kepada 'Usamah bin Zaid. Beliau memakai pakaian Qithri) yang diselempangkan di atas bahunya, kemudian beliau shalat bersama mereka".

(Diriwayatkan oleh 'Abd bin Humaid, dari Muhammad bin al-Fadhal, dari Hammad bin Salamah, dari Habib bin as-Syahid, dari al-Hasan, yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.).

Catatan hadits 6:

Qithri adalah Sejenis kain yang terbuat dari katun yang kasar. Kain ini berasal dari Bahrein tepatnya dari Qathar.

Hadits 7

Dalam sebuah riwayat yang bersumber dari Abi Sa'id al-Khudri r.a. dikemukakan:

كان رسول اللہ ﷺ إذا استجد ثوبا سماه باسمه (عـامـة أوقميصا أورداء) ثم يقول اللهم لك الحمد كما كسوتنيه، أسألك خيره وخير ماصنع له، وأعوذ بك من شره وشر ما صنع له .

"Apabila Rasulullah saw. memakai pakaian baru, maka disebutlah namanya (misalnya: serban, Gamis, atau selendang), kemudian beliau berdu'a (artinya): 'Ya Allah hanya bagi-Mu segala puji, sebagaimana Kau beri daku pakaian, aku mohon pada-Mu kebaikannya, dan kebaikan bahan yang dibikin. Dan aku berlindung pula kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan bahan yang dibikin".

(Diriwayatkan oleh Suwaid bin Nashr, dari 'Abdullah bin al-Mubarak, dari Sa'id bin Iyas al-Jurairi, dari Abi Nadlrah, yang bersumber dari Abi Sa'id al-Khudri r.a.).

Catatan hadits 7:

Dikeluarkan pula dalam Sunan Abu Daud, bab. "Pakaian", Hadits no. 4020, juga dalam Sunan Tirmidzi, bab "Pakaian", Hadits no. 1767, juga dalam Sunan Nasai.

Hadits 8

Dalam sebuah riwayat, Anas bin Malik r.a. mengemukakan :

كان أحب الثياب إلى رسول اللہ ﷺ يلبسه الخبرة .

"Pakaian yang paling disenangi Rasulullah saw. ialah kain Hibarah)". 

(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari Mu'adz bin Hisyam, dari ayahnya, dari Qatadah, yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.).

Catatan Hadits 8:

Kain Hibarah ialah kain keluaran Yaman, yang terbuat dari katun.

Hadits 9

Ayah 'Aun (Abi Juhaifah) r.a. menceritakan :


رأيت النبي ﷺ وعليه حلة حمراء كأني أنظر إلى بريق ساقيه. قال سفيان : أراها حبرة

 
"Aku melihat Nabi saw. memakai pakaian berwarna merah. Aku seakan-akan melihat cahaya yang membersit dari kedua betisnya". Sufyan as-Tsauri berkata: "Kukira pakaiannya itu kain Hibarah". "

(Diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan, dari 'Abdurrazaq, dari Sufyan (as-Tsauri), dari 'Aun Ibnu Abi Juhaifah, yang bersumber dari bapaknya).

Hadits 10

Al-Bara bin Azib r.a. mengisahkan :

مارأيت أحدا من الناس أحسن في حلة حمراء من رسول اللہ ﷺ ، إن كانت جمته لتضرب قريبا من منكبيه

"Tiada seorang pun yang pernah kulihat mengenakan pakaian merah yang lebih indah dan serasi daripada Rasulullah saw. Sungguh, rambutnya hampir menyentuh kedua bahunya".
  

(Diriwayatkan oleh 'Ali bin Khasyram, dari 'Isa bin Yunus, dari Israil, dari Abi Ishaq, yang bersumber dari al-Bara bin Azib r.a.).

Catatan hadits 10
Lihat dalam Sunan Tirmidzi, bab. "Pakaian", Hadits no. 1724, juga pada bab. "Adab". Dalam Shahih Bukhari bab "Sifat-sifat Nabi" dan "Pakaian". Dalam Shahih Muslim bab "Keutamaan Nabi saw". Dalam Sunan Abu Daud, bab. "Tarajjul", Hadits no. 4183, dan bab "Pakaian", Hadits no. 4072. Dalam Sunan Nasai, bab "Perhiasan", juga terdapat dalam Sunan Ibnu Majah, bab "Pakaian".

Hadits 11

Dalam sebuah riwayat yang bersumber dari Abi Ramtsah r.a. dikemukakan:

رأيت النبي ﷺ وعليه بردان أخضران .

"Aku melihat Nabi saw. mengenakan dua kain berwarna hijau bergaris-garis"

(Diriwayatkan oleh Muhammad Basyar, dari 'Abdurrahman bin Mahdi, dari 'Ubaidullah bin Iyad, dari bapaknya, yang bersumber dari Abi Ramtsah r.a.).

Catatan hadits 11:
 
Lihat Sunan Abu Daud, bab "Pakaian", Hadits no. 4065, juga dalam Sunan Tirmidzi, bab "Adab", juga dalam Sunan Nasai, bab "Akad dan Perhiasan".

Hadits 12

Qablah binti Makhramah r.a. bercerita :

رأيت النبي ﷺ وعليه أسال مليتين كانتا بزعفـران وقد نفضته وفي الحديث قصة طويلة

"Aku melihat Nabi saw. memakai dua lembar kain tenun yang telah usang. Kedua lembar kain itu dicelup dengan zafaran (kunyit). Karena telah usangnya, hampir saja warnanya hilang". (Hadits ini panjang kisahnya)

(Diriwayatkan oleh 'Abd bin Humaid, dari 'Affan bin Muslim, dari 'Abdullah bin Hasan al-'Anbari, dari kedua neneknya Duhaibah dan 'Ulaibah, yang bersumber dari Qablah binti Makhramah r.a.).
 

Hadits 13

Ibnu Abbas r.a. bercerita :

قال رسول اللہ ﷺ علیکم بالبياض من الثياب ليلبسها أحياوكم وكفنوا فيها موتاكم ، فإنها من خير ثيابكم

"Rasulullah saw. bersabda: 'Hendaklah kalian berpakaian putih, untuk dipakai sewaktu kalian hidup. Dan jadikanlah ia kain kafan kalian sewaktu kalian mati. Sebab kain putih itu sebaik-baik pakaian bagi kalian"."

(Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa'id, dari Basyar bin al-Mufadlal, dari 'Abdullah bin 'Utsman Ibnu Khaitsam, dari Sa'id bin Jubeir, yang bersumber dari Ibnu Abbas r.a.).

Hadits 14

Dalam sebuah riwayat, Samurah bin Jundub r.a. mengemukakan:


رسول اللہ ﷺ البسوا البياض فإنها أطهر وأطيب ، وكفنوا فيها
 
"Rasulullah saw. bersabda: 'Pakailah pakaian putih, karena ia lebih suci dan lebih bagus. Juga kafankanlah ia pada orang yang meninggal di antara kalian".

(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari 'Abdurrahman bin Mahdi, dari Sufyan, dari Habib bin Abi Tsabit, dari Maimun bin Abi Syabib yang bersumber dari Samurah bin Jundub r.a.).

Hadits 15

Dalam sebuah riwayat yang bersumber dari 'Aisyah r.a. dikemukakan:

خرج رسول اللہ ﷺ ذات غداة وعليه مرط من شعر أسود .

"Pada suatu pagi, Rasulullah saw. berangkat dari rumah, beliau mengenakan pakaian bulu (baju hangat), yang terbuat dari bulu hitam".

(Diriwayatkan oleh Ahmad bin Mani', dari Yahya bin Zakaria bin Abi Zaidah, dari ayahnya, dari Mash'ab bin Syaibah 1), dari Shafiyah binti Syaibah 2), yang bersumber dari 'Aisyah r.a.). 3).

Catatan hadits 15:

1) Mash'ab bin Syaibah al-Maki merupakan generasi kelima, periwayatannya dikeluarkan pula oleh Muslim. Namun demikian Abu Hatim berkata: "Dia tidak terpuji", dikatakan pula: "Dia Munkar". Menurut Daruquthni dia lemah, sedangkan menurut Abu Daud, periwayatannya dla'if.
2) Shafiyah binti Syaibah al-Badriyah adalah dari suku 'Abid-Dar, dia adalah seorang shahabat kecil.
3) Lihat Sunan Abu Daud, bab "Pakaian", Hadits no. 4032, Shahih Muslim, bab "Pakaian", Hadits no. 2781, juga dalam Sunan Tirmidzi.

Deni Abu Fadli
Deni Abu Fadli Seorang pendidik di SMPN 1 Mande. IG dan YT: @kangdeni76