Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 cara ampuh menghadapi orang yang tidak tahu berterimakasih

Abufadli.com - Setiap orang tentunya ingin merasakan apresiasi dari orang lain, terutama ketika kita memberikan bantuan atau melakukan sesuatu untuk orang lain. Namun, tidak semua orang mampu mengekspresikan rasa terimakasih dengan baik. Jika Anda sering merasa kesal dengan orang yang tidak tahu berterimakasih, berikut adalah 5 cara ampuh menghadapi mereka. 

5 cara ampuh menghadapi orang yang tidak tahu berterimakasih

Daftar Isi

5 cara ampuh menghadapi orang yang tidak tahu berterimakasih

Jangan Berharap Terlalu Banyak

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi harapan Anda terhadap orang tersebut. Jangan berharap terlalu banyak akan mendapatkan ucapan terima kasih atau pengakuan atas apa yang telah Anda lakukan. 

Hal ini akan membantu Anda untuk tidak merasa kecewa ketika orang tersebut tidak menunjukkan rasa terimakasih yang memadai.

Ingatkan Mereka dengan Baik

Seringkali, orang yang tidak tahu berterimakasih tidak sadar akan tindakannya. Anda bisa mencoba mengingatkan mereka dengan baik tentang kebaikan yang telah Anda berikan. 

Jangan gunakan nada yang menuduh atau menyalahkan, tetapi sampaikan dengan cara yang baik dan sopan.

Berbicaralah dengan Jujur

Cara selanjutnya adalah dengan berbicara dengan jujur kepada orang tersebut. Sampaikan perasaan Anda dengan jelas dan tegas, bahwa Anda merasa tidak dihargai atas apa yang telah Anda lakukan. Namun, pastikan Anda tetap menggunakan bahasa yang sopan dan menghindari kata-kata yang menyerang.

Fokus pada Motivasi yang Benar

Ketika memberikan bantuan atau melakukan kebaikan kepada orang lain, pastikan motivasi Anda adalah benar-benar ikhlas. Jangan melakukan kebaikan hanya untuk mendapatkan ucapan terima kasih atau penghargaan. 

Dengan motivasi yang benar, Anda akan merasa lebih tenang dan tidak terlalu memikirkan apakah orang tersebut memberikan rasa terimakasih yang memadai atau tidak.

Berdamai dengan Dirimu Sendiri

Cara terakhir adalah dengan berdamai dengan diri sendiri. Ingatkan diri Anda bahwa memberikan kebaikan atau bantuan kepada orang lain bukanlah untuk mendapatkan pujian atau penghargaan, tetapi karena Anda ingin membantu. 

Jangan biarkan ketidakberterima kasihan orang lain merusak kebaikan hati Anda.

Itulah 5 cara ampuh yang dapat Anda lakukan ketika menghadapi orang yang tidak tahu berterimakasih. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki keunikan dan kemampuan yang berbeda-beda, termasuk dalam mengekspresikan rasa terimakasih. Yang terpenting adalah kita tetap memberikan kebaikan dan membantu orang lain dengan ikhlas, tanpa perlu terlalu memikirkan apakah mereka memberikan ucapan terima kasih atau tidak.

Semoga bermanfaat. 

Deni Kurnia
Deni Kurnia GPAI SMPN 1 Mande Cianjur. IG dan YouTube: @kangdeni76