Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Allahumma Inni As-aluka Hubbaka, Doa Memohon Cinta Allah

Doa adalah salah satu ibadah yang sangat penting dalam kehidupan seorang Muslim. Sebab dengan berdoa, seseorang bisa mengungkapkan segala kebutuhan dan harapan yang diinginkan, termasuk memohon cinta Allah. 

Allahumma Inni As-aluka Hubbaka, Doa Memohon Cinta Allah


Dalam hadits yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa memohon cinta kepada Allah, cinta kepada orang yang mencintai Allah, dan cinta kepada amal yang dapat mendekatkan diri kepada Allah.

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ حُبَّكَ، وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ، وَحُبَّ عَمَلٍ يُقَرِّبُنِي إِلَى حُبِّكَ 

Ya Allah, aku memohon agar dapat mencintai-Mu, mencintai orang-orang yang mencintai-Mu, dan mencintai amal yang dapat mendekatkan diriku kepada cinta-Mu.” (HR. Tirmidzi)

Namun, memohon cinta Allah tidak bisa hanya diucapkan saja, namun harus diperlihatkan dalam perilaku dan perbuatan sehari-hari. 

Artinya, seseorang harus berusaha menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya, yang disebut dengan takwa. Dengan demikian, setiap perilaku dan perbuatan yang dilakukan akan berujung pada cinta dari Allah.

Makna memohon cinta Allah sebenarnya sangat dalam dan penting bagi kehidupan seorang Muslim. Memohon cinta Allah berarti memohon untuk diberikan rahmat dan keberkahan-Nya, sehingga seseorang menjadi orang yang disayangi dan dikasihi oleh-Nya. 

Namun, untuk mendapatkan cinta Allah tidaklah mudah, karena harus dibarengi dengan ketaatan dan kepatuhan terhadap perintah Allah.

Kita sebagai umat Islam harus berusaha untuk menjadi orang yang selalu mendapatkan cinta Allah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. 

Kita juga harus selalu berusaha untuk berbuat baik kepada orang lain dan menjaga hubungan dengan orang yang mencintai Allah. Dengan demikian, kita akan selalu dekat dengan segala sesuatu yang dapat mendekatkan kita terhadap cinta Allah.

Namun, perlu diingat bahwa memohon cinta Allah tidak bisa hanya dengan mengucapkan doa saja. Kita juga harus berusaha dan berikhtiar dalam menjalankan segala perintah-Nya. Jangan hanya berdoa tanpa melakukan apa-apa, karena itu akan sia-sia belaka. Ingatlah bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali mereka sendiri yang merubahnya.

Di akhir tulisan ini, mari kita sama-sama berdoa agar kita selalu dijadikan golongan orang yang mendapatkan cinta dari Allah SWT. Semoga kita selalu istiqamah dalam menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangannya. Aamiin ya rabbal alamin.

Deni Kurnia
Deni Kurnia GPAI SMPN 1 Mande Cianjur. IG dan YouTube: @kangdeni76