5 Contoh Doa Meminta Jodoh Menurut Islam

Doa Meminta jodoh adalah salah satu ikhtiar seorang Muslim agar segera dipertemukan dengan jodoh terbaik menurut kehendak Allah SWT. Terkadang, keinginan untuk menikah tidak sejalan dengan kenyataan yang dihadapi. Namun, sebagai seorang Muslim, kita percaya bahwa jodoh adalah ketentuan dari Allah SWT. Meskipun demikian, kita tetap perlu berusaha dan berdoa kepada-Nya. Dalam artikel ini, akan dijelaskan beberapa contoh doa meminta jodoh menurut Islam yang bisa Anda amalkan. 

5 Contoh Doa Meminta Jodoh Menurut Islam

Daftar Isi


4 Contoh Doa Meminta Jodoh Menurut Islam

1. Doa Meminta Jodoh Terbaik

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Latin: "Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyyatinaa qurrota a’yun."

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan yang menjadi penyenang hati kami, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-Furqan: 74)

2. Doa Meminta Jodoh untuk Laki-laki

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Latin" "Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh."

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi, serta istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, dunia, dan akhirat."

3. Doa Meminta Jodoh untuk Perempuan:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Latin: "Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh."

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, dunia, dan akhirat."

4. Doa Meminta Jodoh Setelah Lama Tak Dapat Jodoh

رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِين

Latin: "Rabbi laa tadzarni fardan wa anta khoirul waritsina."

Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri, karena Engkaulah yang paling baik sebagai pewaris."

5. Doa Meminta Jodoh yang dipanjatkan Nabi Musa

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Latin: "Rabbi, innî limâ anzalta ilayya min khairin faqîr."

Artinya: "Ya Tuhanku, sungguh aku sangat memerlukan segala kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku." (QS. Al-Qashash: 24)

Khotimah

Meminta jodoh adalah bagian dari upaya seorang Muslim untuk menemukan pasangan hidup yang terbaik menurut kehendak Allah SWT. Meskipun jodoh telah ditentukan oleh-Nya, kita perlu berdoa dengan tulus dan ikhlas. Dengan memanjatkan doa-doanya, kita berharap agar Allah memberikan jodoh yang baik, menjadi penyenang hati, dan saling mendukung dalam agama, dunia, dan akhirat.

Deni Kurnia
Deni Kurnia Seorang Pembelajar, tak Lebih