Sholat Idul Adha di Stadion Badak Putih Cianjur bersama Forum Silaturahmi Umat Islam

Forum Silaturahmi Umat Islam (FSUI) Kabupaten Cianjur, hari ini, 16 Juni 2024 atau bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah, menyelenggarakan Shalat Idul Adha di Stadion Badak Putih Cianjur. 

Shalat Idul Adha ini diikuti ribuan jamaah, baik kaum ikhwan (Laki-laki) maupun kaum akhwat (perempuan) dari beberapa kecamatan di Kabupaten Cianjur. 


Shalat Idul Adha di Stadion Badak Putih Cianjur (Foto: abufadli.com) 

Yang bertindak sebagai imam adalah Ustadz Muammar Ali Ihsanudin, SE, host sebuah acara keagamaan di channel Youtube, juga sebagai salah seorang pemegang sanad Qur'an Riwayat Hafs. Sedangkan khotib adalah Ustadz Muhammad Supriadi, S.Pd, pimpinan Yayasan Indonesia Ngaji Shubuh. 

Dalam khutbahnya, Ustadz Supri, demikian panggilan akrabnya, menekankan tentang betapa urgennya dewasa ini untuk adanya persatuan umat. Beliau mengutip salah satu ayat dalam Al Qur'an, Surah Ali Imran ayat 103, yang berbunyi:


"Berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, janganlah bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara. (Ingatlah pula ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk."

Cuplikan Khutbah Idul Adha Ustadz Muhammad Supriadi

"Muslimin rahimakumullah, ibadah haji adalah panggilan ilahi untuk kaum mukmin, mereka yang beriman dan mengharapkan ridho Allah Subhanahu wa taala akan sekuat tenaga menumpahkan kerinduan kepadanya untuk mendatangi mereka, berupaya keras untuk menunaikan kewajiban ibadah haji ini dengan mengerahkan harta dan kendaraan yang mereka punya. 

Sementara itu, sebagian kaum muslimin lain mewujudkan ketaatan kepada Allah subhanahu wa taala dengan menyembelih hewan qurban. 

Idul Adha adalah momen untuk kita kembali menggaungkan persatuan umat Islam, di bawah satu kepemimpinan global, yakni kholifah. Dengan persatuan ini, syariat bisa ditegakkan, kaum muslimin terlindungi harta, darah, dan kehormatannya. Dengan satu kepemimpinan global ini, segala bentuk kezaliman terhadap umat Islam, akan dicampakan."

Shalat Idul Adha di lapangan Badak Putih ini dimulai pukul 06.30, dan berakhir pukul 08.00. Usai acara, jamaah bubar secara tertib setelah melakukan musafahah. 

Deni Kurnia
Deni Kurnia Seorang Pembelajar, tak Lebih