Mabit RISMADA Edisi 1 di SMPN 1 Mande



Jika dikatakan bahwa masa remaja adalah masa pencarian jati diri, sepertinya benar. Hal ini dikuatkan dengan keinginan besar para remaja untuk selalu mencoba dan ingin tahu sesuatu hal yang baru. Jika dikatakan bahwa masa remaja adalah masa yang labil, bimbang, dan kurang kuat pijakan, ia juga.


Kelabilan, kebimbangan, dan selalu ingin mencoba hal yang baru, jika tak dipandu dengan baik akan menimbulkan kesalahan arah hidup para remaja. Jika panduannya salah, maka akan salah pula langkah. Panduan di sini bisa berupa tontonan, bacaan, atau contoh hidup di sekitar si remaja.

Mabit RISMADA
Mabit memiliki dua makna yang sama. Mabit itu sendiri adalah menginap. Maksudnya, menginap di mesjid dengan rangkaian acara tertentu, yang ditujukan untuk daurah suatu keterampilan atau pemahaman tentang Islam. MABIT dalam pengertian kedua, merupakan kependekkan dari Malam Bina Iman dan Takwa. Keduanya memiliki maksud yang sama.

Mengenai Mabit RISMADA, tentu ini sejalan dengan misi RISMADA itu sendiri, yakni memberikan pembinaan aqidah, syariah, dan dakwah bagi remaja.

Mabit RISMADA edisi #1 diselenggarakan pada tanggal 8-9 Februari 2019, diikuti 52 peserta ikhwan. Mulai ashar hingga pukul 10 hari Sabtunya.


Pemateri Mabit RISMADA
Pemateri dari luar yaitu Ustad Jenal Aripin, dengan materinya "Life is the choice", Ustad Cececp Jafar Mukarrom dengan materinya "Menjadi Pejuang Syahid" dan Ustad Ade Viktorio dengan materi utamanya bertajuk "Meraih Syurga".

Bagaimana respon peserta terhadap Mabit RISMADA?
Secara keseluruhan para peserta merasa mendapat pencerahan pemikiran dan keilmuan serta menambah motivasi untuk sedikit demi sedikit berubah ke arah yang lebih baik.

Mabit ini akan menjadi agenda rutin setiap bulannya, selain ada banyak program lainnya, antara lain halqoh mingguan, dakwah on the road, dan yang lainnya.


Sedikit tentang RISMADA
RISMADA, sebuah organisasi pelajar di SMPN 1 Mande yang bergerak di bidang keagamaan. Menjalankan pembinaan remaja dalam hal aqidah, syariah, dan dakwah.

Akhir kalam, semoga upaya-upaya ini mendapat ridho Alloh dan menghasilkan generasi yang mau memperjuangkan Islam secara kaffah.

Selamat Hijrah.
Deni Kurnia
Deni Kurnia Seorang Pembelajar, tak Lebih