Panahan, Olahraga Sunnah dan Banyak Manfaat

Sebenarnya kita sering mendengar olah raga yang satu ini, yaitu panahan. Menurut situs wikipedia, Panahan (Inggris:Archery) adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah.Seseorang yang gemar atau merupakan ahli dalam memanah disebut juga sebagai pemanah.

Dalam Islam, olah raga panahan termasuk sunnah Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam. Suatu ketika, Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam naik ke atas mimbar, dan beliau bersabda : " Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka (kaum musuh) dengan kekuatan apa saja yang kamu sanggupi. Ketahuilah, bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketauhilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketauhilah bahwa kekuatan itu adalah memanah" (HR Abu Daud No 2153)

Dalam hadits di atas, Nabi yang mulia menegaskan, bahwa kekuatan itu terletak pada memanah, diulang hingga tiga kali. Ibrah bagi kita, bahwa memanah memang banyak keutamaannya.

Apa saja Manfaat memanah itu ?

Untuk lebih jelas tentang memanah, boleh anda kunjungi link-link berikut ini, in syaa Allah secara jelas menggambarkan keutamaan memanah.

Link 2 : Manfaat Memanah

Saya rasa cukup dengan 4 tautan di atas, kita akan sangat memahami tentang olahraga panahan.

Olah raga Panahan di SMPN 1 Mande

Dengan niat awal untuk memasyarakatkan olah raga sunnah memanah yang dianjurkan Rasulullah, SMPN 1 Mande secara rutin mengadakan praktek belajar panahan. Dan luar biasa sambutannya. Bukan saja dari peserta didik, juga guru dan kepala sekolah. 

Pengenalan sunnah Rasulullah memanah, adalah awal untuk mengenalkan dan membudayakan sunnah-sunnah lainnya dalam kehidupan peserta didik. Upaya ini salah satunya dengan disertakannya kajian-kajian keislaman di setiap acara panahan.

Dimana kita bisa mendapatkan alat-alat panahan?

Secara offline maupun online, banyak kita temukan penjual-penjual alat-alat panahan, baik yang berkategori tradisional maupun modern. Dan untuk saya sendiri, saya biasa membelinya secara online di pusatpanah.com. Penampakkannya seperti ini :


Di situs ini beragam ukuran, jenis, bahan, dan harga yang bervariasi. Dan yang pentingn juga, fast respon melalui layanan WhatsApp.

Foto-foto Aktivitas Memanah








Semoga bermanfaat.
Deni Kurnia
Deni Kurnia Seorang Pembelajar, tak Lebih