Refresh Your Family : Solusi Menyegarkan Energi Cinta Keluarga


Refresh Your Family : Solusi Menyegarkan Energi Cinta Keluarga. Ada hal yang sangat penting dalam menyadari sepenuhnya hakikat dan makna pernikahan bawa pernikahan bukan seperti” rumah kost” atau hotel, yang mana penghuninya datang dan pergi tanpa jelas kapan kembali. Harus disadari, pernikahan merupakan tempat dua jiwa untuk menyelaraskan warna-warni dalam diri mereka.

Dalam konteks ini, tampaknya kita perlu mengkaji kembali soal waktu dalam kehidupan suami istri. Ya, waktu! Barang mahal yang tak mungkin diperoleh kembali ketika hilang atau terlewati begitu saja. 

Demikian halnya dalam kehidupan suami istri. Bisa jadi, setiap hari mereka bertemu, setiap saat bertatapan, atau kerap bergandengan. Akan tetapi, seberapa besarkah kualitas dari setiap pertemuan tersebut? Seberapa banyak waktu berkualitas yang sudah diberikan bagi pasangan kita?

Bagi kita yang terbiasa sibuk dan bekerja sepanjang minggu, mungkin kerap berapology,” yang penting kualitas, bukan kuantitas”. Akan tetapi, pernahkah disadari bahwa kualitas nyaris tak bisa diwujudkan jika kuantitas yang ada pun tidak dapat dimanfaatkan secara optimal.

Mana ada kualitas jika kita pulang ke rumah dalam keadaan lelah, apalagi masih harus mengerjakan sederet tugas lainnya. Memang tidak berarti tak harus selalu melewatkan waktu bersama suami atau istri dan si kecil dengan mengabaikan yang lain, tetapi mungkin cara pemanfaatannya yang harus dialokasikan sedemikian rupa sehingga tidak ada satu pun yang terbengkalai.

Pernikahan dan keluarga tidak pernah meminta waktu anda karena pernikahan dan keluarga adalah bagian dari diri anda. Dengan demikian, seharusnya tidak ada satu alasan pun yang dapat menghalangi dalam menyediakan waktu untuk pasangan anda, untuk saling berbagi harapan dan impian. Kata cinta hanya akan sungguh berarti apabila ada tindakan di balik kata itu. Kehadiran adalah salah satu bukti cinta hakiki yang bisa anda berikan.

Sisihkanlah waktu khusus untuk pasangan. Diskusikan apa yang selama ini menjadi impian dan keinginan bersama, atau bahkan yang sesuatu yang mengganjal hati. Sediakan satu untuk bermanja dan bercengkrama karena hal itu akan membuat suasana kehidupan berumah tangga menjadi hidup dan segar kembali.

Ketahuilah bahwa kegembiraan, permainan, dan humor merupakan hal penting untuk dapat menciptakan pernikahan yang sehat. Tanggung jawab kerja dan aktivitas rutin memang kerap membuat kedua pasangan merasa jenuh, lelah, serta akhirnya kehabisan energi. Dalam kondisi seperti itulah, kesegaran berumah tangga patut dipulihkan kembali melalui kebersamaan yang menyenangkan dan mengesankan.

Kebersamaan berarti perhatian yang dipusatkan. Artinya, kita sedang melakukan sesuatu bersama dengan penuh perhatian kepada orang yang bersama kita. Dalam hal ini, yang terpenting adalah apa yang terjadi dalam taraf emosi. Misalnya, ketika istri menemani suaminya menonton pertandingan sepak bola di televisi, iya tidak segan-segan ikut melonjak berteriak girang and ketika kesebelasan jagonya menang.

Ada banyak cara menciptakan kebersamaan yang menyenangkan, antara lain lewat hobby. Setiap orang memiliki kegemaran atau hobi berbeda. Adapun hobi biasanya merupakan kesenangan tersendiri yang dapat membuat seseorang menjadi puas hati. Karena setiap orang umumnya memiliki hobi yang berbeda, setiap orang pun memiliki” saat-saat suka” yang berbeda-beda. Begitu pula halnya dengan suami istri, kegemaran yang berbeda ikan keduanya memiliki saat-saat suka yang berbeda pula.

Misalnya, suami mengalami saat suka kala membaca atau mengeksplorasi komputer, sedangkan istri mengalaminya ketika sedang menjajal resep-resep baru. Perbedaan itu akan menjadi sesuatu yang lebih membahagiakan apabila pada waktu tertentu keduanya saling menyertai dalam menikmati kegemaran pasangannya. 

Tidak ada salahnya jika seorang suami sekali-kali ikut berpartisipasi mengaduk aduk tepung saat istrinya sedang bereksperimen dengan resep baru. Sebaliknya, istri turut memilih dan buku buku favorit untuk suaminya.

Disamping itu, kegiatan rekreasi juga tampaknya perlu diperhatikan dalam kehidupan suami istri. Hangout sejenak dari rutinitas kerja dan mengurus rumah tangga akan memberikan kesegaran baru dalam kehidupan suami istri dan seluruh anggota keluarga. Hal tersebut mencakup perlunya men jadwal kan rekreasi di sela kesibukan rutin dari waktu ke waktu.

Banyak cara dan jenis rekreasi sehat yang tak perlu biaya, diantaranya dengan berolahraga bersama di akhir pekan atau bersilaturahmi kepada teman atau saudara. Jangan salah, bersilaturahmi mengunjungi teman, saudara, maupun orang tua, selain bernilai ibadah juga mempunyai unsur rekreasi.

Percayalah bahwa pasangan pernikahan yang lebih sering menikmati kebersamaan dan berbagi perasaan yang positif akan lebih mampu serta terampil dalam mengelola konflik yang terjadi, sekaligus memantapkan kebersamaan visi tentang masa depan kehidupan pernikahan mereka. Kegembiraan dalam kebersamaan akan memperkuat ikatan kedua pasangan dalam pernikahannya.

Happy family,

Inspirasi dari Buku "Refresh Your Family", karya Deny Riana, terbitan  MQ Publishing

Belum ada Komentar untuk "Refresh Your Family : Solusi Menyegarkan Energi Cinta Keluarga"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel