Yang Menunjuki Kebaikan, Berpahala Seperti Yang Mengerjakannya



Ada seorang bertanya, dengan mengisahkan sebuah cerita. Bahwa ada seseorang ditanya tentang lokasi sebuah mesjid oleh seseorang pendatang. Kemudian, ia tunjukkan tamu tersebut, di mana lokasi mesjid yang tadi ditanyakan.

Pertanyaan akhi penanya tadi, bagaimana pahala orang yang menunjukkan kepada wasilah kebaikan kepada orang lain?

Saya nukilkan sebuah hadits berikut :  Dari sahabat Uqbah bin ‘Amr bin Tsa’labah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893).

Berdasarkan hadits di atas, seseorang yang menunjuki kepada kebaikan, niscaya diapun akan memperoleh pahala seperti orang yang melakukannya.

Artinya, Allah tidak menyia-nyiakan sekecil apapun kebaikan yang dilakukan hambanya. Setiap andil dalam sebuah kebaikan, maka semuanya beroleh pahala serupa dengan pelaksananya.

Bagaimana dengan yang menunjukkan kepada keburukan?

Akan sama juga. Setiap sekecil apapun andil dalam terwujudnya suatu tindakan keburukan, maka dia akan mendapat dosa yang sama dengan pelaku keburukan, yang ia tunjukkan.

Jadi, berhati-hatilah sahabatku. Setiap lisan kita, akan menunjuki ke arah mana. Apakah kebaikan kah atau justru menjadi jalan bagi keburukan.

Termasuk ketika meremehkan syariat Islam, dan ternyata diikuti orang lain, maka siap-siaplah menempati salah satu bagian di neraka. Na'udzu billah...

Belum ada Komentar untuk "Yang Menunjuki Kebaikan, Berpahala Seperti Yang Mengerjakannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel