Wisuda Bersama Persekolahan Al-Adzkiya Cianjur Tahun 2019

Persekolahan Al-Adzkiya Cianjur, di bawah naungan Yayasan Forum Perencanaan Pembangunan Cianjur, yang terdiri dari jenjang TK/RA, SD, dan SMP, hari ini mengadakan acara wisuda bersama, di Gedung Serbaguna As-Sakinah Cianjur.

Selain dihadiri seluruh orang tua dan siswa semua jenjang pendidikan, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kembang Cianjur, dan undangan dari sekolah lain, salah satunya HSG Khoiru Ummah Cianjur.

Dalam sambutannya, Kasie Penmad Kemenag mengatakan, bahwa sekolah yang tidak menerapkan program tahfidz atau hafalan al-Qur'an, ketinggalan zaman. Ini didasarkan pada maraknya program tersebut di sekolah-sekolah dewasa ini.

Sementara Ketua Yayasan, H. Mohammad Toha, M.Pd.I mengungkapkan pentingnya guru dalam pendidikan, terutama dalam pendidikan al-Qur'an. Juga pentingnya sikap ta'dhim murid kepada gurunya, untuk keberkahan ilmu yang didapat.

Pendidikan dan Karakter
Hakikat pendidikan adalah mengubah. Mengubah dari tidak tahu menjadi tahu, tidak bisa menjadi bisa, tidak cakap menjadi terampil. Tak hanya dalam aspek kognitif yang berubah, namun aspek sikap. 

Aspek kognitif, tak hanya hafal materi pelajaran, namun sisi tsaqofah dan pemahaman tentang Islam, mutlak diperlukan. Pendidikan  Islam mesti menjadi referensi. Dalam pendidikan Islam, yang pertama-tama diajarkan dan dibina adalah aspek dasar Islam, meliputi aqidah dan  fiqh. Kemudian, tsaqofah lain berupa pemahaman mengenai muamalah, akhlak, dan yang lainnya, termasuk siyasah.

Maka tujuan akhir pendidikan, terwujudnya Islam sebagai asas dan kaidah berfikir seorang muslim. Dengan pendidikan, seorang muslim akan menempatkan halal haram sebagai standar perbuatan. Ketika itu halal, diperbolehkan syariat, maka ia laksanakan. Begitu juga sebaliknya. Jika itu haram, maka ia akan menjauhinya.

Belum ada Komentar untuk "Wisuda Bersama Persekolahan Al-Adzkiya Cianjur Tahun 2019"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel