Take Your Style to The Next Level


Istilah level sangat akrab di kalangan gamer. Ketika sudah menyelesaikan satu level, berhak maju ke level berikutnya. Tentu level berikutnya lebih tinggi dan lebih besar tantangannya, perlu "perjuangan" yang ekstra untuk menyelesaikannya.

Begitupun dalam hidup ini. Kita mesti dinamis, terus bergerak. 

Sebuah pengalaman menarik tentang air. Kita siapkan 2 wadah besar yang berukuran sama, lalu diisi air dengan volume yang sama pula. Hanya dibedakan sedikit, wadah yang satu dipasang mesin air dan dinyalakan seperti lazimnya dalam akuarium, sedangkan yang satu lagi tidak. Kemudian kedua wadah diisi dengan sejumlah ikan.

Selang beberapa hari, ikan di wadah yang tanpa pompa tadi, semua mati. Sedangkan di wadah yang satu lagi tetap hidup. 

Mengapa bisa terjadi demikian? Karena air yang ada di wadah yang berpompa terus bergerak, tidak statis, ada perpindahan ke atas ke bawah. Berbeda dengan air di wadah kedua, diam, statis yang akhirnya airnya "mati". Ini berakibat kepada ikan yang ada di kedua wadah tersebut.

Tetap dinamis membuahkan semangat dan kehidupan sedangkan diam menghasilkan kebinasaan.

Take Your Style to The Next Level
Istilah untuk menggambarkan kondisi dinamis itu adalah HIJRAH. Hijrah adalah berpindah, memulai sebuah level dan  menyelesaikannya, kemudian berpindah ke level berikutnya, ke level yang lebih baik.

Take your style.
Ambil segera gayamu, persiapkan segala perbekalan keilmuan dan tentukan tujuanmu. Segala tujuan ditentukan niatnya. Jika HIJRAH ini diniatkan untuk menggapai keridhoan Allah subhanahu wa ta'ala, maka itulah  Hijrah yang hakiki. Itulah hijrah yang berbuah pahala. Akan tetapi jika diniatkan karena selain Allah, maka akan menemui kekecewaan.

Go to the next Level
Niat sudah lurus, tinggal action, melangkahlah. Sebuah keputusan untuk melakukan kebaikan janganlah ditunda-tunda, termasuk hijrah ke level terbaik. Istilah kerennya, HIJRAH TANPA TAPI TANPA NANTI. Tentu dalam prakteknya, halangan dan rintangan akan banyak menghampiri. Begitulah sunnatullahnya, setiap perubahan menuntut perjuangan dan pengorbanan.

Halangan HIJRAH (NEXT LEVEL)
Di antara halangan dan godaan dalam proses menuju level terbaik, atau hijrah, adalah sebagai berikut :
1.  Disorientasi atau salah niat
Seperti yang dibahas di awal,  semua aktivitas tergantung niat. Niat yang membedakan hasil dari suatu pekerjaan, bisa menjadi ibadah atau menjadi kesia-siaan.

2. Salah masuk komunitas
Niat saja tak cukup, harus disertai langkah nyata. Jika seseorang bertekad hijrah, maka untuk menguatkan keinginan tersebut, mau tidak mau harus bergabung ke dalam harakah atau kelompok dakwah yang sesuai dengan Islam.  Di harakah yang orang-orang di dalamnya mukhlis dalam dakwahnya, akan kondusif bagi sesiapa yang ingin memperkuat proses hikmahnya.

Salam istiqomah!

Belum ada Komentar untuk "Take Your Style to The Next Level"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel