Salah satu Tanda Baiknya Islam Seseorang


Semua muslim menginginkan yang terbaik dalam ke-Islam-annya. Keinginan ini secara normal diwujudkan dalam bentuk amaliyah sehari-hari. Namun persoalannya, terkadang kita sedikit mengalami kesulitan menilai apakah amalan itu yang bermanfaat, ataukah justru menjerumuskan kita kepada kesia-siaan.

Allah SWT menerangkan salah satu indikator mukmin yang beruntung adalah yang menghindarkan dirinya dari hal yang tidak berguna. Ini tercantum dalam Surah Al Mu'minum ayat 3, yang berbunyi :

3
وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ
3. dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna

Kita perlu banyak belajar. Dan postingan sederhana abufadli.com kali ini mengupas sebuah hadits yang tercantum dalam Hadits Arba'in. Hadits ini berisi tentang salah satu Tanda baiknya keislaman seseorang.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيْهِ

[حديث حسن رواه الترمذي وغيره هكذا]

:Terjemah hadits

Dari Abu Hurairah radhiallahunhu dia berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Merupakan tanda baiknya Islam seseorang, dia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya .

(Hadits Hasan riwayat Turmuzi dan lainnya)


Pelajaran yang bisa kita ambil dari ayat Al Qur'an dan hadits di atas antara lain :

  1. Termasuk sifat-sifat orang muslim adalah dia menyibukkan dirinya dengan perkara-perkara yang mulia serta menjauhkan perkara yang hina dan rendah.
  2. Pendidikan bagi diri dan perawatannya dengan meninggalkan apa yang tidak bermanfaat didalamnya.
  3. Menyibukkan diri dengan sesuatu yang tidak bermanfaat adalah kesia-siaan dan merupakan pertanda kelemahan iman.
  4. Anjuran untuk memanfaatkan waktu dengan sesuatu yang manfaatnya kembali kepada diri sendiri bagi dunia maupun akhirat.
  5. Ikut campur terhadap sesuatu yang bukan urusannya dapat mengakibatkan kepada perpecahan dan pertikaian diantara manusia.
Wallahu a'lam, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel