Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kalimat Hikmah Ali bin Abi Thalib, Rangkaian Petuah Bagi Jiwa



Bila dikatakan pedang Zulfikar, pedang pertama dalam kisah perjuangan Islam, memori kita langsung mengatakan, Ali bin Abi Thalib pemiliknya. Bila ditanyakan, siapa menantu Rasulullah, maka jawaban pastinya adalah Ali bin Abi Thalib.

Dalam medan jihad, sejarah menyisakan kisah heroik sang suami Fatimah az-Zahra ini. Keberanian dan ketangguhannya dalam berperang, tak diragukan lagi. Dalam medan ilmu, kecerdasan ayahanda Hasan dan Husen ini sangat mumpuni.

Sehingga tak salah jika dari lisannya banyak mengeluarkan beribu-ribu untaian kata yang sangat bermakna, menjadi petuah bagi jiwa yang haus akan siraman rasa penuh takwa.

Abufadli.com kali ini membagikan sebagian saja rangkaian kalimat hikmah, yang diambil dari situs jagokata.com. Sesuai namanya, situs ini berisi kalimat-kalimat yang mengandung banyak makna, juga aneka peribahasa. Selamat membaca dan menyelami indahnya nasihat Ali bin Abi Thalib radiyallahu 'anhu.

Kalimat hikmah #1
Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia.

Kalimat hikmah #2
Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tak suka mendengarnya jika orang lain mengucapkannya kepadamu.

Kalimat hikmah #3
Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini.

Kalimat hikmah #4
Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu.

Kalimat hikmah #5
Barangsiapa menyalakan api fitnah, maka dia sendiri yang akan menjadi bahan bakarnya.

Kalimat hikmah #6
Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.

Kalimat hikmah #7
Hati manusia adalah seperti binatang buas. Barangsiapa hendak menjinakkannya, akan diterkamnya.

Kalimat hikmah #8
Angin tidak berhembus untuk menggoyangkan pepohonan, melainkan menguji kekuatan akarnya.

Kalimat hikmah #9
Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik.

Kalimat hikmah #10
Jangan berhenti berdoa untuk yang terbaik bagi orang yang kau cintai.
Demikian posting sederhana tentang10 Kalimat Hikmah Ali bin Abi Thalib, Rangkaian Petuah Bagi Jiwa. Semoga menjadi motivasi bagi kita untuk berbuat lebih baik lagi.

Deni Kurnia
Deni Kurnia Guru, Blogger, dan Seorang Pembelajar

Posting Komentar untuk "10 Kalimat Hikmah Ali bin Abi Thalib, Rangkaian Petuah Bagi Jiwa"