Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Nama Syetan dan Job Description-nya, Waspadalah!

Sudah mafhum, bahwa syetan itu musuh yang nyata bagi manusia. Sedari awal, misinya tidak begeser sedikit pun, yakni menggoda manusia agar ingkar dari jalan hidup yang diridhoi Allah Ta'ala. Untuk merealisasikan misi ini, tentulah segala tipu daya mereka lakukan agar manusia tergelincir ke jalan yang sesat. Tujuan akhirnya, agar manusia menemani syetan dalam azab api neraka. Naudzubillah.
Untuk lebih menambah kewaspadaan kita terhadap godaan mautnya, ada baiknya kita mengetahui nama-nama anak cucu syetan itu, beserta tugas (job description)-nya. Nah, psotingan sederhana abufadli.com kali ini akan mencoba menuliskan kembali hal tersebut. Selamat membaca!

9 Nama Syetan dan Job Description (tugas-tugas)-nya

1). Zalitun
Setan ini bertugas menggoda penghuni pasar dalam melakukan transaksi jual beli. Dia memancangkan bendera dusta, menipu, membujuk, merayu dan bersumpah.palsu.
2). Watsin
Setan ini sangat gemar menggoda dan mengkhianati bayi-bayi. Membuatnya menangis sehingga kesallah ibunya.
3). Laqus
Setan ini bertugas menggoda manusia agar menyembah api; atau mengagungkannya, mengkultuskannya.
4). A’wan
Setan ini gemar menggoda para raja, pemimpin, atau siapapun yang memiliki kedudukan. Sehingga dengan kepemimpinannya itu, raja/pemimpin tersebut zalim kepada yang dipimpinnya.
5). Haffaf
Setan ini gemar mendorong manusia untuk meminum-minuman keras, mengkonsumsi narkoba dan sejenisnya. Tujuannya? Ya agar manusia kehilangan akal sehatnya dan akhirnya tergelincir ke lembah maksiat.
6). Murrah
Setan ini bergerak di bidang permusikan; menggoda manusia untuk lebih sering mendengarkan musik sehingga melalaikan dirinya dari mengingat Allah Ta'ala.
7). Masuth
Setan ini gemar menyebarkan berita-berita palsu/bohong, atau istilah kekiniannya, HOAX. Dia menyebarluaskan berita-berita bohong lewat lisan-lisan dan jari-jari manusia; baik di dunia nyata maupun di dunia maya.
8). Dashim
Setan ini berada di dalam rumah seseorang yang apabila masuk rumah tidak suka membaca salam dan tidak suka menyebut nama-nama Allah. Dia mendorong adanya permusuhan dalam keluarga sehingga terjai perceraian suami istri, khulu/talak, tebusan dari istri, pukul memukul dan sebagainya;
9). Walhan
Setan ini selalu mengacaukan manusia dalam berwudhu, shalat dan ibadah-ibadah yang lainnya.
Sekarang sudah tahu kan, nama-nama anak cucu setan beserta tugas-tugasnya. Maka sudah seharusnya kita semakin waspada akan godaan, rayuan, bisikkan, dan tipu daya mereka, yang pantang menyerah berusaha menggelincirkan manusia ke lembah dosa.
Jadikan mereka musuh, bukan teman. In Sya Allah!
Sumber: Terjemah Nashohiul Ibad/Karya: Ibnu Hajar Al Asqalani/Penerbit: Pustaka Amani Jakarta